POLITIK

Menantu Sri Sultan HB X Jadi Bakal Caleg PDIP

Hal itu untuk menjaga keistimewaan Yogyakarta?

ddd
Minggu, 21 April 2013, 12:13 Mohammad Adam, Daru Waskita (Yogyakarta)
KPH Purbo Diningrat.
KPH Purbo Diningrat. (VIVAnews/Daru Waskita (Yogyakarta))

VIVAnews - KPH Purbo Diningrat, menantu Gubernur Daerah Istimewa Yogyarakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menjadi bakal calon anggota legislatif (caleg) dari PDI Perjuangan. Purbo Diningrat mendapat nomor urut 1 untuk daerah pemilihan (dapil) Yogyakarta III.

Politisi PDI Perjuangan, Uminto Giring Wibowo, yang menjadi anggota parlemen 3 periode di DPRD Bantul, tidak mempermasalahkan dirinya mendapat nomor urut di bawah Purbo Diningrat. Di sela-sela acara PDI Perjuangan, Minggu 21 April 2013, di Yogyakarta, Uminto menjelaskan bahwa yang penting bukan nomor urut caleg.

"Bagi saya tidak masalah dengan nomor urut, karena saat ini yang digunakan suara terbanyak," ujar Uminto.

Sekretaris DPD PDIP, Bambang Praswanto, dalam kesempatan terpisah menjelaskan bahwa selain dinilai baik oleh partai, penempatan menantu Sultan itu untuk calon anggota parlemen DPRD DIY adalah demi menjaga keistimewaan Yogyakarta itu sendiri.

"Dia sangat konsisten dalam menjaga ideologi dan juga siap menjaga keistimewaan DIY," kata Bambang.

Menurut Bambang, keberadaan suami dari GKR Maduretno itu sebagai bakal caleg PDIP bukan sekedar berfungsi sebagai vote getter atau pendulang suara pemilih, namun juga karena ideologi, kemampuan, serta ketokohannya di mata masyarakat juga baik. "Kebetulan ideologinya sama dengan PDIP," kata Bambang.

Bambang menambahkan, bakal caleg yang didaftarkan partainya ke KPUD DIY untuk 24 kursi dengan asumsi setiap dapil memiliki wakilnya di DPRD DIY. "Untuk bakal caleg, yang kami daftarkan sebanyak 55 orang," kata Bambang.

 

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com