Dilema Partai Pimpinan Yenny Wahid Setelah Gagal di KPU

Ketua PKBIB Yenny Wahid dan Sekjen PKBIB Imran Rosyadi
Sumber :
  • Antara/ Wahyu Putro A

VIVAnews - Nama Partai Kedalautan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB) kembali ramai diberitakan sepekan terakhir setelah ketua umumnya, Yenny Wahid, merapat ke Partai Demokrat. Rupanya, Yenny membawa satu gerbong partai hasil gabungan itu bersamanya.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Sekretaris Jenderal PKBIB, Imron Rosyidi Hamid saat dihubungi VIVAnews, mengakui partainya sempat dilema di dua pilihan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak meloloskan PKBIB sebagai peserta Pemilu 2014. Sempat mencuat usulan agar PKBIB mundur saja dari pertarungan Pemilu 2014, sambil menyiapkan kekuatan untuk Pemilu selanjutnya di 2019.

"Tapi, dengan pilihan ini, bukan hanya partai yang rugi karena tidak menyalurkan pemikiran Gusdurian, tapi juga rakyat," kata dia, baru-baru ini.

Jika PKBIB tidak maju, golongan putih (golput) diyakini akan naik lagi. Dia berkaca pada angka golput di setiap pemilihan kepala daerah. "Itu luar biasa tinggi. Kami ingin mengurangi di Pemilu 2014. Ada semangat untuk menaikkan partisipasi politik di 2014," jelasnya. Mau tak mau, PKBIB harus berpikir jangka panjang.

Di sisi lain, ada usulan untuk menitipkan suara kepada partai yang lolos Pemilu 2014, namun partai itu harus memiliki ideologi yang mirip. Dan hasil rapat internal partai memutuskan memilih opsi terakhir ini.

Pilihan pun tertambat pada Partai Demokrat. "Karena ideologi mereka mirip dengan kami," kata Imron.

PKBIB merupakan partai gabungan dari Partai Perjuangan Indonesia Baru (Partai PIB) dan PKBN Partai Kemakmuran Bangsa Nusantara (PKBN). Apakah kader kedua partai ini setuju dengan penggabungan ke Demokrat? Yenny Wahid kan ketua umumnya. Ini sudah melalui pembahasan di internal PKBIB," jawab Imron.

Imron enggan mengungkapkan berapa partai yang semula dilirik PKBIB. Namun, dia mengungkapkan, Partai Demokrat itu merupakan pilihan ketua umum Yenny Wahid. (sj)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024