Taufiq Kiemas Dukung Konvensi ala Partai Demokrat

Taufik Kiemas saat Bedah Buku
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Taufiq Kiemas mendukung pencarian calon presiden dan wakil presiden dengan cara musyawarah untuk menampung gagasan masyarakat ala Partai Demokrat. Dengan cara konvensi ini, kata Taufiq, maka para tokoh-tokoh muda bisa terjaring.
Alasan Sakit, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Mangkir Panggilan KPK

"Itu benar, saya setuju Pak SBY melakukan konvensi, jadi anak-anak muda bisa kelihatan," kata Taufiq Kiemas di Gedung DPR, Selasa 9 April 2013.
10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini

Partai-partai politik, menurut Taufiq, memang seharusnya menawarkan gagasan untuk menarik minat kaum muda agar mau mencalonkan diri menjadi calon presiden dan wakil presiden.
Barikade 98 Ajukan Amicus Curiae, Minta Hakim MK Putuskan Sengketa Pilpres Secara Adil

"Tidak mungkin kan dari militer kalau konvensi, tapi membuka peluang anak-anak muda untuk mencalonkan diri," ujar dia.

PDI Perjuangan sendiri, kata dia tidak akan mencari capres dan cawapres melalui konvensi. Tetapi, cukup Ketua Umum Megawati Soekarnoputri saja yang menujuk.

"Kalau saya tetap mau yang muda. Kader-kader PDIP banyak. PDIP tidak perlu konvensi, dipilih saja sama Bu Mega tapi yang muda," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Demokrat, Andi Nurpati, mengatakan, dalam konvensi ala Demokrat itu, partainya akan menjaring calon presiden melalui pilihan atau aspirasi masyarakat secara langsung, dan bukan melalui internal partai.

"Konvensi gaya Partai Demokrat dengan meminta langsung masyarakat yang memilih. Ini dianggap hal yang riil sesuai harapan publik nantinya. Sehingga Partai Demokrat mampu menyalurkan aspirasi tersebut," kata Andi. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya