KPU: Perubahan Jadwal Bukan untuk Parpol Tertentu

Sidang KPU
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
- Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Hafis Gumay menyatakan bahwa perpanjangan tahapan dan jadwal penyerahan Daftar Caleg Sementara (DCS) bukan untuk kepentingan partai politik tertentu. Menurutnya, waktu pendaftaran yang terbatas menyebabkan jadwal pendaftaran caleg berubah.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

"Pemberitaan di media massa yang menyebutkan bahwa KPU sengaja merubah sejumlah tahapan untuk membela suatu partai tertentu, itu tidak ada," kata Hadar di kantor KPU, Jakarta, Kamis 4 April 2013.
5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa


Hadar menilai jadwal yang terlalu padat menyulitkan KPU dan juga parpol peserta, seperti masa pendaftaran caleg yang hanya dua minggu. Selain itu, persoalan sengketa pemilu juga sering muncul sehingga membutuhkan waktu untuk menyelesaikan.


"Kita butuh waktu panjang untuk mengakomodir sengketa. Dan ini bisa mengganggu proses tahapan pemilu," ucapnya.


Hadar melanjutkan bahwa persoalan dana operasional juga mempengaruhi pelaksanakan tugas melaksanakan pemilu 2014 mendatang. Beberapa waktu yang lalu dana yang dibutuhkan KPU ternyata belum turun dan membuat jadwal mundur.


"Akibatnya karena dana yang diperlukan untuk men-
support
belum ada, kegiatan tidak bisa dilakukan," ucapnya.


Untuk diketahui, KPU mengubah jadwal pendaftaran calon legislatif yang semula 9-15 April menjadi 9-22 April 2013. Kebijakan tersebut memberikan kelonggaran khususnya bagi partai-partai yang baru masuk seperti PBB dan PKPI untuk menyusun Daftar Caleg Sementara (DCS). (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya