Puan: Tidak Boleh Ada Bendera Selain Merah Putih

Ilustrasi/Bendera Gerakan Aceh Merdeka
Sumber :
  • Antara/ Rahmad
VIVAnews
RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi
– Ketua Fraksi PDIP Puan Maharani meminta pemerintah bersikap tegas terhadap hal-hal yang mengganggu kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk penetapan bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sebagai bendera resmi Nanggroe Aceh Darussalam.

PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik

Puan mengatakan, seharusnya satu-satunya bendera yang bisa berkibar di Indonesia hanya bendera merah putih. “Kami berharap, tidak ada bendera lain. Hanya merah putih. Kalau ada bendera lain, pemerintah harus tegas,” kata dia di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa 2 April 2013.
Polisi Periksa 21 Saksi Terkait Kasus TPPU yang Jerat Ahli Nuklir UGM


Putri Megawati Soekarnoputri itu berpendapat, pemerintah bersalah karena memberikan kebebasan kepada rakyat Aceh untuk mengibarkan bendera GAM secara bebas. “Muncul bendera mirip GAM dan sayangnya tidak diberi tindakan tegas,” ujar dia.


Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri sudah meminta Pemda Aceh mengubah lambang bendera Aceh yang mirip dengan bendera GAM. Kemiripan dengan lambang GAM, menurut Menteri Dalam Negeri, membuat bendera Aceh memuat unsur separatis.


Penetapan bendera GAM sebagai bendera Aceh itu dimuat dalam Qanun (Peraturan Daerah) Nomor 3 Tahun 2013 tentang Bendera dan Lambang Aceh yang disahkan oleh DPRD Aceh. Pemda dan DPRD Aceh bersikukuh bendera itu adalah yang diinginkan rakyat Aceh. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya