KLB Demokrat Maret di Bali, Ketum Dipilih Secara Aklamasi

Syarif Hasan dan Inggrid Kansil
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews - Partai Demokrat akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) pada 30-31 Maret 2013 di Bali. Forum akan memilih pengganti Anas Urbaningrum sebagai ketua umum.
BNI Bakal Terbitkan Global Bond US$500 Juta, Jadi Incaran Investor Asing

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Syarif Hasan mengkonfirmasikan kebenaran informasi itu. "Insya Allah tanggal segitu. Ya, di Bali," dia menegaskan. 
Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Syarif menuturkan ada wacana yang menguat di jajaran elit partainya untuk memilih cara aklamasi untuk menentukan ketua umum yang baru. Mengapa?
Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

"Lho, aklamasi atau voting itu kan bagian demokrasi. Pemilihan Ketua Umum Golkar secara aklamasi, PAN aklamasi, Nasdem aklamasi. Itu kan bagian demokrasi?" ujar Syarif di kantor Presiden, Jakarta, Rabu 13 Maret 2013.

Sebagai catatan, di Munas Pekanbaru, Riau, Ketua Umum Golkar tidak dipilih melalui aklamasi, tapi melalui proses pemungutan suara.

Syarif membantah kabar bahwa Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono sejatinya telah mengantungi nama ketua umum yang baru, sehingga pemilihannya harus dipaksakan dengan cara aklamasi. "Belum, belum," ujarnya.

Menurut dia, mekanisme pemilihan di Kongres sedang digodok. Salah satunya adalah membahas apakah diperlukan mengubah AD/ART terlebih dahulu untuk memuluskan cara pemilihan secara aklamasi itu.

"Lihat saja nanti," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya