Titik Soeharto Prihatin Maraknya Impor Pangan

SBY salami putri mantan Presiden Soeharto, Siti Hediati Hariyadi
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean
VIVAnews
PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik
- Ketua DPP Partai Golkar Bidang Petani dan Nelayan Siti Hediati Hariyadi menilai impor hasil pertanian tidak saja akan merugikan petani namun juga menghambur-hamburkan uang negara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Jelas, putri mantan Presiden Soeharto itu prihatin.

Polisi Periksa 21 Saksi Terkait Kasus TPPU yang Jerat Ahli Nuklir UGM

“Impor hasil pertanian itu jelas merugikan petani dan menghambur-hamburkan uang negara,” kata Titik Soeharto di sela-sela peresmian Monumen Tempat Lahir Jenderal Besar Soeharto, di Dusun Kemusuk Lor, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, DIY, Jumat 1 Maret 2013.
Ketua DPRD Jambi Hadiri Akad Nikah Pernikahan Putri Sulung Gubernur Al Haris


Menurut Titik, sumber daya alam di Indonesia sangat melimpah mulai dari laut yang airnya dapat diolah menjadi garam dengan kualitas nomor 1 di dunia hingga tanah yang subur sehingga berbagai macam tanaman pangan bisa tumbuh dengan hebatnya. “Kekayaan alam di Indonesia sangat melimpah namun kita masih saja impor,” katanya.


Titik mengaku sangat prihatin dengan berbagai kebijakan impor bahkan impor singkong yang nilainya miliaran rupiah. Padahal para petani di Indonesia mampu memproduksi singkong karena menanam singkong tak perlu lahan yang subur. Bahkan bisa dilakukan di pekarangan rumah.


“Saya sangat prihatin dengan berbagai impor yang dilakukan oleh pemerintah. Padahal jika didorong dengan berbagai kebijakan yang menguntungkan petani maka petani akan suka menanam tanaman yang selama ini masih diimpor,” katanya.


Ditanya tentang masih berlangsung impor garam yang nilainya di atas Rp1 triliun, Titik menyatakan kebijakan tersebut mungkin untuk garam industri, bukan konsumsi masyarakat. “Pak Cicip (Menteri Kelauatan dan Perikanan Cicip Soetardjo) tak mungkin membuat kebijakan impor garam yang ditujukan untuk masyarakat. Mungkin impor garam itu hanya untuk industri,” katanya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya