Hary Tanoe dan Surya Paloh Temui Jalan Buntu

Surya Paloh dan Hary Tanoe
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Mantan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Ahmad Rofiq menyatakan bahwa Hary Tanoesoedibjo dan Surya Paloh tak lagi memiliki kesamaan pandangan dalam berpartai. Mereka memiliki jalan yang berbeda bagi masa depan Partai Nasdem.

Menurut Rofiq, Hary Tanoe memiliki pandangan bahwa masa depan bangsa ada di tangan kaum muda. Oleh karena itu Partai Nasdem pun mesti lebih banyak digerakkan oleh kalangan muda. Dengan demikian, 70 persen kepengurusan Partai Nasdem sekarang harus dipertahankan.

Sedangkan Surya Paloh, lanjut Rofiq, menginginkan ada pergantian kepemimpinan di Partai Nasdem dengan dirinya sebagai Ketua Umum. Ia ingin partai dipimpin orang-orang yang lebih senior, sementara yang muda-muda menyokong.

"Nah, ini tidak bisa dipertemukan. Pak Hary Tanoe dan Pak Surya sudah deadlock (menemui jalan buntu)," ujar Rofiq usai jumpa pers tentang pengunduran dirinya, Jakarta, Senin 21 Januari 2013.

Menurut Rofiq, perbedaan pandangan yang mencolok itulah yang menjadi pemicu terbesar konflik di tubuh Partai Nasdem. Konflik tersebut bahkan kian memanas setelah Surya Paloh membuat keputusan sepihak untuk menggelar Kongres Partai Nasdem pada 25-27 Januari 2013. Rofiq sebagai Sekjen partai merasa tak pernah dilibatkan dalam pembuatan keputusan itu.

Tindakan Surya, katanya, tidak hanya bertentangan dengan aturan dan prosedur, tetapi merusak etika berpolitik dan tak dapat ditoleransi.

Bagi Rofiq, keputusan Hary Tanoe yang mengundurkan diri dari keanggotaan Partai Nasdem sangat tepat. "Daripada tetap di dalam dan justru membuat repot Pak Surya, lebih baik mundur," kata Rofiq.

Sebelumya, Rofiq resmi mengundurkan diri dari keanggotaan Partai Nasdem bersama Hary Tanoe, Ketua Dewan Pakar Partai Nasdem. Endang Tirtana yang menjabat Ketua Internal Partai Nasdem dan Saiful Haq sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, juga melakukan pengunduran diri. (sj)

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024