Wasekjen Golkar: Nasdem Berupaya Gerogoti Golkar

Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Gede Sumarjaya Linggih menegaskan rencana lompat pagarnya sejumlah kecil kader Partai Golkar ke Nasdem merupakan hal biasa. Menurutnya, kader yang datang dan pergi di tubuh Golkar sudah sejak lama berlangsung.

"Sudah sejak lama kader Golkar banyak yang hijrah. Datang dan pergi di Golkar itu biasa, bukan hal serius bagi Golkar," kata pria yang akrab disapa Demer itu di Denpasar, Jumat, 18 Januari 2013.

Meski hal itu terus menerpa, namun Demer memastikan hingga kini partainya tetap eksis dalam kancah politik nasional. "Golkar sudah terbiasa dengan hal itu. Tapi yang penting diingat hingga kini Golkar tetap survive," kata dia.

Sebaliknya, dengan kepergian kader Golkar ke partai lain, Demer merasakan kebanggaan tak terhingga. "Kader Golkar ada di mana-mana dan menjadi kader unggul di partai barunya," katanya.

Hal itu, katanya, tak lepas dari pola kaderisasi yang dilakukan partai berlambang beringin itu. Katanya, ada banyak jenjang kaderisasi yang membuat kader Golkar benar-benar matang dalam berpolitik. Tetapi, soal kepindahan kader ke partai lain, Demer melihatnya hal itu merupakan pilihan pribadi, bukan imbas dari kaderisasi yang longgar.

"Di internal Golkar ada beberapa jenjang tahapan pengkaderan. Jadi kader itu benar-benar digembleng agar matang betul," tutur anggota DPR RI itu.

Kendati begitu, Demer mengakui jika Nasdem memang berupaya menggerogoti partainya. "Kami tidak pungkiri jika dia (Nasdem) menggerogoti Golkar. Tapi ingat, ada yang pergi, banyak pula yang datang. Jadi kami tak ambil pusing terhadap hal itu," kata dia.

Terkait adanya beberapa kader yang kini masih duduk di DPR RI dan dikabarkan akan hijrah ke Nasdem, Demer mengaku partainya belum mengidentifikasi siapa-siapa saja yang dimaksud. Tetapi, katanya, pengawasan di internal tetap berjalan. Sepanjang belum benar-benar hijrah, maka belum dianggap kebenaran apa yang dinyatakan oleh Partai Nasdem.

"Tapi begitu benar-benar sudah masuk, tentu ada sanksi tegas dari partai karena tidak bisa berpartai dua," kata Demer.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer
Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024