KPI: Nasdem Terbanyak Iklan di TV

Bendera Partai Nasdem.
Sumber :
  • Antara/ Yusran Uccang

VIVAnews - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mencatat partai politik yang paling banyak memasang iklan di televisi adalah Partai Nasdem. Disusul kemudian, Partai Golkar dan Partai Gerindra.

Menurut komisioner KPI, Idy Muzayyad, Nasdem tercatat paling banyak iklannya di Metro TV, RCTI, Global TV dan MNC TV. Sedangkan Partai Golkar di tvOne dan ANTV, dan Partai Gerindra hampir di semua stasiun televisi.

Namun, iklan-iklan tersebut disiarkan sebelum penetapan 10 parpol oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau sebelum diberlakukannya Peraturan KPU yang melarang pemanfaatan media massa pada 11 Januari 2013. Karenanya, belum belum dianggap sebagai pelanggaran.

"Karena memang belum ada aturannya. Waktu itu (iklan parpol di televisi) masih dianggap iklan komersial," kata Idy di kantor KPU, Jakarta, Kamis, 17 Januari 2013.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye Pemilu, parpol dilarang memanfaatkan media massa (media cetak maupun media elektronik) dalam pelaksanaan kampanye pada periode 11 Januari 2013 hingga 15 Maret 2014.

Kampanye parpol dimulai pada 11 Januari, tapi terbatas pada kampanye tertutup. Seperti dialog, diskusi, dan sarasehan masih diperbolehkan. Kampanye media dan pengerahan massa masih dilarang. Iklan media dan rapat terbuka baru boleh dilakukan pada masa kampanye mulai 16 Maret hingga 5 April 2014.

Sejak peraturan itu berlaku, KPI tidak menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh media penyiaran maupun parpol. "Sejauh tidak ada lagi iklan-iklan partai itu, dan KPI sangat menghargai itu, berarti media penyiaran maupun partai menghormati aturan. Mudah-mudahan (tidak ada pelanggaran) sampai nanti pada waktunya," ujar Idy, yang pada kesempatan itu didampingi komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiansyah.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024