Ormas Tommy Soeharto Tak Terjun Jalur Politik 2014

Hutomo Mandala Putra
Sumber :
  • VIVAnews.com

VIVAnews - Kiblat, Organisasi masyarakat yang dibentuk Tommy Soeharto, putra mantan presiden Soeharto itu mengharamkan ormasnya untuk masuk dalam kancah politik 2014.

Dewan Pembina Organisasi Masyarakat (Ormas), Kiblat, Ichsan Noor, menyatakan Kiblat murni mengurusi masalah sosial. "Kiblat ormas yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, bukan politik," katanya di Jakarta, Sabtu 12 Januari 2013.

Jalur politik, katanya, sudah melenceng dari nilai-nilai luhur organisasi. Ia menghimbau kepada seluruh kader untuk tidak latah dalam mengambil sikap untuk menjaga prinsip Kiblat. "Karena politik sudah ada parpol," kata Bupati Kutai Timur ini.

Ia menjelaskan fokus utama Kiblat adalah membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Hal tersebut diwujudkan dengan berbagai kegiatan sosial dan pengembangan ekonomi kerakyatan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVAnews, Kiblat merupakan gabungan dari berbagai ormas, khususnya pamswakarsa yang mengamankan sidang istimewa peralihan reformasi 1998. Anggaran ormas ini dihimpun dari sumbangan masyarakat, baik pengusaha dan pejabat di pemerintahan. 

Salah satu inisiator dan penyumbang  terbesar ormas ini adalah Hutomo Mandala Putra alias Tommy, Putra mantan Presiden Soeharto. Dalam ormas ini, Tommy menjabat sebagai ketua dewan pembina Kiblat sejak organisasi tersebut baru dibentuk.

Hari ini, Kiblat mengukuhkan kepengurusan Dewan Presidium Pusat (DPP) periode 2012-2017. Kepengurusan pusat yang lebih dari 200 orang tersebut diketuai oleh Kosasih, salah satu inisiator pembentukan Kiblat pada 1998 yang lalu. (sj)

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini
Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Arema FC dalam catatan buruk di dua laga terakhir Liga 1. Teranyar mereka dipecundangi Persebaya Surabaya dengan skor 0-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024