PDIP Sambut Baik Penetapan 10 Partai Peserta Pemilu

Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo Saat Verifikasi Parpol di KPU Pusat
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Sekretaris Jenderal DPP PDI perjuangan, Tjahjo Kumolo, mengapresiasi hasil rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan hanya sepuluh partai yang memenuhi syarat menjadi peserta pemilu 2014.

"PDI Perjuangan menyambut baik terhadap lolosnya sepuluh partai politik peserta pemilu," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulisnya, Selasa 8 Januari 2013.

Dengan hanya diikuti oleh sepuluh peserta partai politik, menurut Tjahjo, pemilu 2014 akan semakin dekat dengan upaya mewujudkan penyederhanaan sistem multipartai di parlemen sekaligus penguatan pemerintahan yang menganut sistem presidensial.

"Ini senafas dengan upaya meningkatkan kualitas demokrasi Indonesia melalui konsolidasi yang sejalan dengan penguatan sistem presidensial," kata Tjahjo.

Terhadap 24 partai politik yang dinyatakan tidak lolos verifikasi peserta pemilu 2014 berdasarkan penilaian KPU, Tjahjo menyarankan untuk melalui mekanisme dan prosedur yang sesuai hukum jika ingin mengajukan gugatan. "Seluruh upaya tersebut harus dilakukan dengan menggunakan bukti-bukti yang bisa dipertanggungjawabkan," kata Tjahjo.

Adapun terhadap partai-partai yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta pemilu 2014, Tjahjo berharap komitmen untuk bersaing secara sehat dalam memperebutkan kekuasaan politik yang sah.

"Partai-partai politik yang telah dinyatakan lolos hendaknya semua berkomitmen untuk membangun demokrasi yang berkeadaban, dengan melakukan kompetisi secara fair dan menempatkan KPU sebagai penyelenggara pemilu yang bebas dari intervensi pihak manapun," tandasnya. (eh)

Raisa Takut Kisah Hidupnya Diangkat Jadi Film Dokumenter: Ada Apa Dibaliknya?
Chandrika Chika

Chandrika Chika Pernah Terlibat Urusan dengan Polisi Sebelum Jadi Tersangka Narkoba, Kasus Apa?

Selain Chandrika Chika, ada 5 orang lainnya yang merupakan teman dari selebgram tersebut, di antaranya adalah yang berinisial AT (24), MJ (22), AMO, BB dan AJ.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024