Kader Partai Tak Lolos Bisa Jadi Caleg PAN

Bima Arya Sugiarto
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Partai Amanat Nasional membuka peluang bagi kader-kader partai yang tak lolos verifikasi Komisi Pemilihan Umum untuk bergabung secara individu. Ketua DPP PAN, Bima Arya Sugiarto, mengatakan kader-kader partai yang tak lolos itu dapat diterima  menjadi calon legislator di partainya.

"Bagi (kader) yang memutuskan akan bergabung dengan partai yang lolos, secara individu, PAN tentunya membuka pintu lebar-lebar bagi para tokoh partai-partai tersebut untuk memperkuat barisan caleg PAN," kata Bima Arya, Selasa 8 Januari 2013.

Bima mengatakan, sejauh ini partainya sudah melakukan komunikasi secara informal dengan sejumlah partai yang tak lolos verifikasi KPU. Namun, Bima enggan mengatakan dari partai mana saja.

"Belum bisa disebutkan namanya tentunya, mereka yang selama ini memang punya kedekatan baik secara ideologis maupun pertemanan dengan kita," kata dia.

Menurut Bima, ada banyak pilihan bagi kader partai lain yang ingin bergabung dengan PAN. Misalnya, Bima melanjutkan, kader partai yang tak lolos verifikasi itu dapat dijadikan caleg, pengurus partai ataupun menjadi organisasi mitra. "Yang penting sejalan dengan PAN," kata dia.

Diferensiasi

PAN kini tengah mempersiapkan pemenangan pemilu 2014. Lalu bagaimana cara PAN untuk mencapai targetnya pada pemilu 2014 mendatang?

"Pertarungan akan semakin ketat. Siapa yang mampu membangun diferensiasi dengan yang lain itu yang akan dipilih," kata Bima Arya, Selasa 8 Januari 2013.

Menurut Bima, partai yang akan menang dalam pemilu 2014 adalah partai yang bisa menyajikan perbedaan kepada masyarakat. Misalnya saja, perbedaan dalam membuat program-program.

"Parpol harus membangun diferensiasi dalam bentuk program dan lain-lain. Tapi sebenarnya kualitas pemilu juga dipengaruhi faktor lain seperti netralitas dan kapasitas penyelenggara," kata Bima. (umi)

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024