Prabowo: Beri Kesempatan Rhoma Irama Maju Capres

Prabowo Subianto setelah menunaikan hak pilihnya
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVAnews – Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, mengatakan niat Rhoma Irama untuk maju dalam Pemilihan Presiden 2014 merupakan buah dan konsekuensi dari sistem demokrasi. Dalam demokrasi, setiap warga negara berhak mencalonkan diri menjadi presiden.

“Jadi rakyat Indonesia seharusnya memberikan kesempatan kepada Rhoma Irama. Kalau kita konsekuen pada demokrasi, tidak perlu khawatir dan merasa aneh bila Rhoma Irama ingin maju menjadi capres,” kata Prabowo dalam diskusi ‘Suara Tuhan: Suara Rakyat vs Suara Elite’ di Hotel Four Season, Jakarta, Selasa 18 Desember 2012.

Toh pada akhirnya, semua capres yang maju nanti akan dinilai dan dipilih oleh rakyat. “Jadi nanti rakyat juga harus menerima konsekuensi dan risikonya,” ujar Prabowo.

Menurut Prabowo, salah satu cara rakyat menilai kelayakan calon presiden yang akan mereka pilih adalah melalui survei-survei politik. “Sayangnya, ada orang-orang yang ingin mengatur persepsi rakyat itu dengan uang mereka,” kata Prabowo tanpa menjelaskan lebih lanjut siapa yang ia maksud.

Prabowo juga mengingatkan kemungkinan adanya manipulasi dalam Pilpres 2014, misalnya penyelewengan pada kotak suara, manipulasi daftar pemilih, dan manipulasi sistem informatika. “Demokrasi dan pemilu kuncinya ada pada daftar pemilih. Kalau di daftar pemilih ada nama hantu, artinya ini bangsa lelucon,” kata dia.

Prabowo mencontohkan, pada Pilpres 2009, ada sekitar 20 juta suara fiktif. “Maka kita harus berjuang agar sistem pemilihan baik dan bersih,” kata dia. (umi)

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi
Trail of The Kings Danau Toba 2024.(dok BPODT)

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

event lari trail berstandar internasional, dengan bertajuk 'Trail of The Kings (TOTK) Zero Edition', yang berlangsung di Water Front City, Pangururan, Kabupaten Samosir,

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024