Peluang Aburizal di Survei Opinion Leader LSI

Aburizal Bakrie Temui Pedagang Pasar Senen
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Dari lima pertanyaan yang diajukan Lembaga Survei Indonesia mengenai 223 opinion leader, belasan nama tokoh muncul sebagai figur calon presiden. Bagaimana dengan calon presiden dari Partai Golkar Aburizal Bakrie?

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia Dr. Kuskridho Ambardi menerangkan nama Aburizal termasuk yang ditanyakan dalam survei. "Ical mendapat skor di bawah 60," kata Dodi--nama panggilan Kuskridho--di Jakarta, Rabu 28 November 2012.

Dodi menjelaskan, dari sisi kapabilitas, Ical--panggilan Aburizal--dinilai lumayan. "Tapi, dari aspek akseptabilitas, Ical dinilai responden rendah," kata Dodi.

Akan tetapi, Dodi menekankan survei opinion leader ini bukan untuk mengetahui elektabilitas calon, tapi hanya untuk mengetahui kualitas tokoh-tokoh. "Kenapa pakai survei opinion leader? Karena mereka lebih tahu informasi. Kalau publik (responden umum) yang mereka tahu adalah tokoh-tokoh yang sering muncul di media," kata pengajar di Universitas Gadjah Mada itu.

Dari empat kategori yang ditanyakan itu, Mahfud MD dinilai paling tinggi skornya yakni 79. Posisi berikutnya adalah Jusuf Kalla 77, Dahlan Iskan 76, Sri Mulyani Indrawati 72, Hidayat Nur Wahid 71, dan Agus Martowardojo 68.

Jumlah responden survei ini 223 orang, di mana 194 orang di antaranya bersedia dipublkasikan namanya sebagai responden atau penilai. Di antara yang bersedia dipublikasikan namanya adalah Pemimpin Redaksi tvOne Karni Ilyas, pengacara Todung Mulya Lubis, dan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Syafii Maarif. (ren)

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat
Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes

Pengakuan Jay Izdes, Bukti Sosok Ini Bukan Pemain Sembarangan di Timnas Indonesia

Dua pertandingan bersama Timnas Indonesia, sudah cukup bagi Jay Idzes mengetahui sosok ini bukan pemain sembarangan di Timnas Indonesia. Siapa dia?

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024