LSI: Mahfud MD Dominasi Survei Capres Pilihan Opinion Leader

Mahfud MD Berkunjung ke Redaksi VIVAnews.Com
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Lembaga Survei Indonesia (LSI) menjaring suara 223 opinion leader (pemuka pendapat) dari berbagai latar belakang, menanyakan calon presiden pilihan mereka untuk 2014 nanti. Temuan menariknya adalah: nama Prof. Dr. Mahfud MD ternyata mendominasi.

Total skor kualitas personal tokoh menurut para opinion leader itu menempatkan Ketua Mahkamah Konstitusi itu di peringkat teratas, 79 poin. Posisi berikutnya ditempati Jusuf Kalla 77, Dahlan Iskan 76, Sri Mulyani Indrawati 72, Hidayat Nur Wahid 71, dan Agus Martowardojo 68.

Mahfud unggul dalam kategori "tidak melakukan atau diopinikan melakukan KKN atau suap" dengan skor 80. Posisi berikutnya adalah Dahlan Iskan 76, Hidayat Nur Wahid 75, Jusuf Kalla 72, dan Agus Marto 69.

Mahfud juga jadi pemuncak ketika ditanyakan kepada soal "tidak melakukan atau diopinikan melakukan tindak kriminal atau pelanggaran HAM" dengan skor 83. Berikutnya Dahlan Iskan dan Jusuf Kalla sama-sama mendapat 79, Hidayat 77, dan Sri Mulyani 76.

Mahfud juga jadi yang teratas di kategori "jujur, amanah atau bisa dipercaya" dan "mampu berdiri di atas semua kelompok atau golongan". Hanya saja, di kategori "mampu memimpin negara & pemerintahan" Mahfud kalah poin dari Jusuf Kalla.

Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series



Menurut Direktur Eksekutif LSI Dr. Kuskridho Ambardi pemakaian metode survei opinion leader ini karena mereka dinilai lebih mengetahui banyak informasi ketimbang masyarakat umum. "Responden secara umum tidak memperoleh banyak informasi seperti mereka," katanya dalam siaran pers di Gedung Manggala Wana Bhakti, Jakarta, Rabu 28 November 2012.

Responden survei ini total berjumlah 223 orang, di mana 194 orang di antaranya bersedia dipublkasikan namanya sebagai responden atau penilai. Mereka terdiri dari wartawan, pemimpin bisnis, tokoh LSM dan organisasi kemasyarakatan, dosen, pengacara, dan lainnya. Di antara yang bersedia dipublikasikan namanya adalah Pemimpin Umum Tempo Group Bambang Harimurti, Pemimpin Redaksi tvOne Karni Ilyas, pengacara Todung Mulya Lubis, dan mantan Ketua Umum Muhammadiyah Prof. Syafii Maarif. (kd)

Simulasi Makan Siang di Tangerang, Menko Airlangga Hartarto

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Program makan siang gratis yang diusung oleh Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diperkirakan membutuhkan 6,7 juta ton beras per tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024