Jumlah Komisioner Komnas HAM yang Bakal Lolos Belum Pasti

Hari Terakhir Masa Jabatan Komnas HAM 2007-2012
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews – Komisi III Bidang Hukum DPR ternyata belum memutuskan jumlah komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia yang bakal mereka loloskan dalam uji kepatutan dan kelayakan.

“Fraksi-fraksi menginginkan beberapa opsi. Ada yang ingin meloloskan lima komisioner, tujuh komisioner, sembilan komisioner. Tapi belum final,” kata Wakil Ketua Komisi III Nasir Djamil di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 11 Oktober 2012.

Calon komisioner Komnas HAM sendiri total ada 30 orang. Jumlah komisioner yang nantinya diloloskan Komisi III, menurut Nasir, akan disesuaikan dengan anggaran Komnas HAM yang ada sebesar Rp67 miliar. “Kalau jumlahnya di atas 11 komisioner tentu akan memberatkan Komnas HAM untuk membiayai kegiatan komisioner mereka,” ujar dia.

Seleksi komisioner Komnas HAM sudah dimulai hari ini dengan tahapan membuat makalah mengenai isu HAM. Sementara uji kelayakan dan kepatutan akan digelar Komisi III pada 15-22 Oktober 2012. “Tanggal 22 Oktober juga sekaligus direncanakan dilakukan pemilihan siapa saja yang lolos,” kata Nasir.

Dalam uji kepatutan dan kelayakan Komnas HAM, Komisi III DPR akan melihat visi dan misi masing-masing kandidat, serta keberanian dan pengalaman mereka dalam mengelola dan menegakkan HAM di tanah air. (eh)

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini
Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024