PDIP Kecam Pembakaran Kampung At-Tijaniyah

Warga Serang Perkampungan Sesat
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mengecam aksi brutal massa yang menyerang perkampungan Tarekat At-Tijaniyah Mutlak di Kampung Cisaloka, Desa Bojong Tipar, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Hari Raya Idul Fitri, Minggu 19 Agustus 2012.

“PDIP amat memprihatinkan makin gampangnya massa tersulut gosip dan makin permisifnya masyarakat terhadap kekerasan hingga berdampak penghilangan nyawa empat orang,” kata politisi PDIP Eva Kusuma Sundari dalam siaran persnya, Rabu 22 Agustus 2012.

Peristiwa tragis itu semakin memprihatinkan karena terjadi pada hari raya suci umat muslim. Eva yakin insiden itu disulut oleh provokator. Ia pun menyesalkan kepolisian setempat, termasuk Badan Ketertiban Keamanan dan Ketertiban Nasional, yang terlambat mengantisipasi aksi kekerasan itu.

Hal ini, lanjut Eva, harus menjadi perhatian khusus dari Mabes Polri karena kekerasan berlatar belakang agama kerap terjadi di Indonesia. Eva juga berharap organisasi massa besar seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah dapat memperhatikan keberadaan aliran-aliran minoritas macam At-Tijaniyah itu.

PDIP mengimbau aliran mainstream maupun minoritas dapat membina komunikasi dengan baik sehingga semua pihak dapat terhindar dari sasaran kelompok garis keras yang ingin mengacau republik. “Hubungan berjarak antara pimpinan agama dan umat menjadikannya rentan disabot kelompok anarkis,” ujar Eva.

PDIP juga menuntut Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM untuk menyikapi serius peristiwa itu dengan membuat kebijakan dan tindakan khusus terhadap keberadaan ormas-ormas yang sering bertindak sebagai provokator dalam tindak anarkisme.

Pembakaran perkampungan At-Tijaniyah berawal ketika salah satu ustadz di desa itu yang juga pimpinan ormas Garis, hilang secara misterius. Setelah berkonsultasi dengan seorang paranormal, warga menduga ustadz tersebut diculik oleh jamaah At-Tijaniyah. Ustadz Endin yang belakangan ditemukan tewas pun menyulut emosi warga.(np)

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa
Polda Bali bersama bidang metrologi dan tertib niaga Disperindag kota Denpasar sidak SPBU

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Polisi melakukan sidak ke SPBU di sekitar Denpasar, Bali.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024