PDIP: Soal Capres 2014, Terserah Megawati

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Nama Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Megawati Soekarnoputri kembali bertengger di posisi teratas sebagai calon presiden. Kali ini survei nasional Syaiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menempatkan putri Bung Karno ini sebagai orang paling populer jika dicalonkan sebagai presiden.

Meski sejumlah survei mengunggulkan Mega, PDIP menyatakan belum memutuskan siapa capres yang akan diusung dalam pemilu 2014 mendatang. "PDIP belum memutuskan soal siapa Calon Presiden," kata Ketua DPP PDIP, Maruarar Sirait saat berbincang dengan VIVAnews, Minggu 8 Juli 2012.

Menurut dia, memang pada kongres pertama dan ke dua PDIP mengamanatkan ketua umum partai sebagai calon presiden PDIP. Namun, dalam kongres ke tiga menyatakan keputusan calon presiden diserahkan kepada ketua umum PDIP.

"Bagi PDIP, Kongres adalah forum tertinggi partai, kader di seluruh Indonesia, 33 Provinsi berkumpul," tutur politisi yang akrab disapa Ara ini. Kesimpulannya, kata dia, soal capres PDIP diputuskan oleh Megawati.

PDI-P, kata dia, merasa bersyukur dengan hasil survei itu. Menurut dia, semakin menunjukkan betapa Megawati sangat layak dicalonkan sebagai presiden pada pemilu 2014.

"Sangat keterlaluan kalau ada kader yang tidak bersyukur dengan hasil survei yang menempatkan Ibu Mega sebagai yang tertinggi," tutur dia.

Sebelumnya, Megawati merupakan calon presiden yang memiliki elektabilitas paling tinggi dari 8 nama yang disurvei SMRC. Tingkat popularitasnya mencapai 93,7 persen, kedua adalah Jusuf Kalla sebesar 88,9 persen, dilanjutkan Prabowo sebesar 78,8 persen.

Sementara itu, Wiranto sebesar 72,8 persen, Aburizal Bakrie 70,1 persen, dan Sultan 58,3 persen.

Survei SMRC ini mengambil sampel sebanyak 1219 responden, dengan metode wawancara lapangan sejak tanggal 20-30 Juni 2012. Margin of error dari riset itu sebesar 3 persen.

Beli Motor Baru Berpeluang dapat Hadiah Rp 1 Miliar, Intip Caranya
Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tiu Suntuk di Kabupaten Sumbawa Barat NTB

Presiden Jokowi Sebut Bank Dunia Akui Kesuksesan RI Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Presiden Jokowi mengakui, bahwa Indonesia telah berhasil melakukan penanganan kemiskinan ekstrim. Bahkan, Kepala Negara mengatakan, kesuksesan tersebut diakui Bank Dunia.

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2024