Skandal Tripanca Group

Polisi Segera Periksa Bupati Lampung Timur

VIVAnews - Polisi menemukan adanya dugaan korupsi dalam kasus kredit macet di Bank Perkreditan Rakyat Tripanca, Lampung. Surat pemeriksaan terhadap Bupati Lampung Timur, Satono, sudah disiapkan.

"Surat izin pemeriksaan sudah dikirimkan ke Presiden," kata Direktur III Tipikor Badan Reserse Kriminal Markas Besar Polri, Brigadir Jenderal Jose Rizal, di kantornya, Jakarta, Selasa 24 Februari 2009.

Sebelumnya, polisi menemukan dana APBD Lampung Timur dan Lampung Selatan disimpan di Tripanca. Kabupaten Lampung Timur menyimpan anggarannya sebesar Rp 107 miliar, sedangkan Lampung Selatan sebesar Rp 60 miliar.

Jose Rizal menjelaskan, hingga saat ini Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan masih menghitung kerugian negara yang ditimbulkan. Meski secara kasat mata dapat dilihat ada kerugian negara. "Tapi BPKP tidak bisa buat kesimpulan seperti itu," ujarnya.

Bupati Lampung Timur, Satono, menyimpan dana APBD di BPR Tripanca sejak tahun 2005 dalam bentuk kas giro. Dugaan korupsi ini merupakan tindak lanjut penyidikan polisi dalam skandal kredit fiktif di Bank Perkreditan Rakyat Tripanca senilai Rp 378 miliar.

Video Honda HR-V Parkir di Jalan Sempit, Bikin Macet dan Sulit Dilewati
Memperingati Hari Kartini

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia

Kisah Soesalit Djojoadhiningrat yang harus ditinggal meninggal ibunya ini juga menarik perhatian publik tatkala peringatan Hari Kartini pada 21 April setiap tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024