Korupsi Pengadaan Alquran

Golkar Tak Beri Bantuan Hukum pada Zulkarnaen

Konpers Korupsi Al-quran
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Partai Golkar tidak akan memberikan bantuan hukum kepada Zulkarnaen Djabar, kader mereka yang diduga terjerat kasus korupsi proyek pengadaan Alquran tahun 2011-2012. Meski demikian, partai berlambang pohon beringin itu tetap memberi konsultasi hukum kepada Zulkarnaen.

"Karena yang bersangkutan sudah punya penasihat hukum, entah itu mampu, atau pertimbangan lain. Mungkin penasihat hukumnya akan konsultasi ke partai. Hanya sejauh itu kontribusi partai," kata Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Kajian Kebijakan Partai Golkar, Nurul Arifin, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 5 Juli 2012.

Atas terjeratnya kader mereka, Golkar sudah membicarakan kasus ini secara internal. Ketua Umum, Aburizal Bakrie pun, Nurul melanjutkan sudah memberikan instruksi untuk menyelidiki sejauh mana Zulkarnaen terlibat kasus korupsi itu.

Sehingga, kata dia, partai bisa memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan akibat kasus korupsi Alquran tersebut. "Fraksi harus apa, partai harus apa. Dan di AD/ART memang tidak bisa sewenang-wenang. Kami paling hanya bisa mengimbau supaya tiarap dulu, jangan aktif dulu di partai, apalagi di DPR," kata dia.

KPK sebelumnya menduga Zulkarnaen memberi imbalan atau suap kepada penyelenggara negara terkait pembahasan anggaran pengadaan Alquran. “Untuk itu ZD dinyatakan sebagai tersangka,” ujar Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto.

Modus yang dilakukan Zulkarnaen dalam dugaan korupsi Alquran senilai Rp35 miliar ini, menurut KPK, adalah dengan memerintahkan dan mengarahkan oknum di Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama untuk memenangkan PT Adhi Aksara Abadi Indonesia sebagai pemegang proyek tersebut.

Zulkarnaen sendiri berjanji akan bersikap kooperatif dengan KPK. “Sejak penggeledahan KPK hari Jumat, saya selalu di rumah. Saya tidak dikategorikan buron. Saya tidak pernah melarikan diri dan tidak hilang. Saya hanya membatasi diri untuk mengkomunikasikan ini di waktu yang tepat,” kata anggota Komisi Agama DPR itu. (ren)

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024