Pram: Tak Perlu Ada Peringkat Partai Terkorup

Pramono Anung Wibowo
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews – Wakil Ketua DPR dari Fraksi PDIP, Pranomo Anung, menyatakan pemberantasan korupsi harus menjadi sikap bersama seluruh masyarakat, termasuk partai politik. Namun, menurut dia, tidak perlu ada pemeringkatan partai-partai yang korup.

“Kalau memang ada anggota partai yang korupsi, tidak perlu kemudian dibuat ranking partai mana yang terkorup. Mari kita lawan korupsi itu bersama-sama,” kata Pramono Anung di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 14 Juni 2012.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Ketua Dewan Pembina Demokrat - di hadapan para kader di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu 13 Juni 2012 - menegaskan tidak hanya anggota Partai Demokrat terlibat korupsi.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

“Di atas Partai Demokrat, ada empat partai lain yang persentase korupsi anggotanya itu mencapai 34,6 persen, 24,6 persen, 9,2 persen, dan 5,2 persen,” ujar dia.

SBY lantas melempar pertanyaan kepada kadernya dalam forum silaturahmi Demokrat itu. “Adilkah kalau dengan data ini, partai kita divonis sebagai partai korup? Sedangkan yang di atas kita dianggap partai bersih?” tanya dia kepada kadernya.

Pramono sendiri yakin SBY tidak bermaksud menyindir partainya maupun partai lain dengan mengemukakan data-data tersebut. “Kami tidak merasa disindir. Saya juga tidak mau berpretensi tentang pantas atau tidaknya ia menyatakan hal itu,” ujar mantan Sekjen PDIP itu.

Lebih lanjut Pramono mengatakan, dirinya sepenuhnya memahami ucapan SBY itu. Menurutnya, SBY sesungguhnya mengajak semua elemen bangsa untuk memberantas korupsi bersama-sama. “Karena persoalan korupsi menjadi persoalan bangsa secara kolektif, bukan persoalan partai semata,” kata dia.

Pernyataan SBY itu, ujar Pram, bermaksud menunjukkan kepada publik adanya kerisauan tentang masalah korupsi yang merasuki alam politik. “Dalam demokrasi, persoalan korupsi ini dari waktu ke waktu bukan makin menurun, tapi makin menguat,” kata dia. (ren)

Film Badarawuhi di Desa Penari

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Kabar membanggakan datang dari dunia perfilman Tanah Air. Film produksi MD Pictures berjudul Badarawuhi di Desa Penari akan segera tayang di Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024