POLITIK

Ketua DPR Minta Fraksi Tegur Anggota Pemalas

Marzuki tidak berwenang memberikan sanksi. Sekalipun dirinya merupakan Ketua DPR.

ddd
Rabu, 7 Maret 2012, 10:44 Ismoko Widjaya, Nila Chrisna Yulika
Sidang paripurna DPR
Sidang paripurna DPR (Antara/Ismar Patrizki)

VIVAnews - Absennya sejumlah anggota DPR dalam  rapat-rapat paripurna kembali menjadi sorotan. Bahkan Ketua DPR Marzuki Alie 'angkat tangan' dan meminta Badan Kehormatan serta masing-masing fraksi untuk menindak tegas anggotanya yang kerap membolos.

"Saya minta Ketua Fraksi lebih keras terhadap anggotanya," kata Marzuki Alie di gedung DPR, Jakarta, Rabu 7 Maret 2012.

Menurut Marzuki, mereka yang kerap membolos, jarang hadir dalam rapat-rapat, terutama sidang paripurna. Itu sama saja dengan tidak menghormati anggota Dewan yang lain, yang datang tepat waktu.

Ketika Marzuki melihat ruang sidang paripurna kosong-melompong, maka sudah menjadi tugas Marzuki untuk menegur. Lalu, apakah akan ada pemberian sanksi bagi mereka yang terbukti kerap tidak hadir ke Senayan? Menurut Marzuki dirinya tidak berwenang memberikan sanksi. Sekalipun dirinya merupakan Ketua DPR.

"Sanksi itu hanya bisa diberikan oleh Badan Kehormatan. Kalau saya tidak punya otoritas, bagaimana saya bisa memimpin. Tapi kunci kekuasaan hanya ada di fraksi," jelas Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini.

Sidang paripurna kemarin terpaksa ditunda hingga 1,5 jam karena peserta tidak memenuhi quorum. Sedianya, sidang dijadwalkan pukul 09.00 WIB. Tapi, bangku-bangku legislator masih banyak yang kosong.

Hingga pukul 10.10 WIB, anggota dewan yang hadir hanya sebanyak 195 dari 560 anggota DPR yang ada. Sementara tiga pimpinan DPR tak tampak di kursi masing-masing, yakni Priyo Budi Santoso, Anis Mafta, dan Pramono Anung.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
gampar aja yang males2,klo perlu gk usah digaji
Balas   • Laporkan
bacox_silent
08/03/2012
setuju lah. pkknya kalo ada anggota yg berbuat salah HAJAR z kini saatnya serius dan bertanggung jwb demi kemajuan bangsa ini.
Balas   • Laporkan
nesa_gan
08/03/2012
Capek deh, kalau sudah mirip seperti kumpulan anak sekolah. Kalah sama anak SD. Partai2 senior kasih contoh yang baik dong
Balas   • Laporkan
jonbosra
07/03/2012
udah bosen tuh diomongin !! anggota dewan yg ga pernah nongol, ga mw ikut sidang2, titip absen, dtg nongol terus ngilang, duduk ngobrol,lihat gambr2 porno... duh kpn sih pd eling?? rubuhin aja tuh gedung lah, ga usah digaji kan??
Balas   • Laporkan
freak2010
07/03/2012
Sementara tiga pimpinan DPR tak tampak di kursi masing-masing, yakni Priyo Budi Santoso, Anis Mafta, dan Pramono Anung (lah pemimpin aja kayak gini gimana anggota lain ya) bubarin aja deh itu DPR indonesia tanpa DPR kenapa tidak
Balas   • Laporkan
syamsudien.browdeen
07/03/2012
jaman sekarang memang enak jadi anggota DPR gaji berkisar antara 20 jt an gak capek jarang masuk pula memang tuh gedung punya bapak moyang kalian pak dpr yag terhormat mikir pakek otak jangan napsu aja yang gede mana janjimu kami sbg rakyat terxolimi
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com