12 Kandidat Capres 2014 Versi CSIS

Megawati, Jusuf Kalla, Wiranto & Prabowo membentuk Koalisi Besar
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Centre for Strategic and Internasional Studies (CSIS) merilis 12 nama kandidat calon presiden 2014. Survei ini dilakukan pada 16-24 Januari 2012 dengan melibatkan 2.117 responden yang dipilih melalui random sampling, mulai tingkat kabupaten sampai dengan rumah tangga dan individu di 23 provinsi.

"Preferensi masyarakat untuk calon presiden dipengaruhi oleh penilaian terhadap kinerja Presiden SBY sebagai incumbent dan juga figur-figur penopang koalisinya," kata Ketua Departemen Politik dan Hubungan Internasional CSIS Philips Vermonte dalam diskusi "Prospek Pilpres 2014: Figur Inclumbent yang Lemah, Figur Oposisi Menjadi Alternatif?" di Kantor CSIS, Jakarta Barat, Rabu 15 Februari 2012.

Berdasarkan popularitas, Megawati menduduki peringkat pertama yakni 91,6%, disusul Jusuf Kalla 84%, dan Wiranto 73,9%. "Prabowo Subianto 65,9%, Hamengkubuwono X 62%, Ani Yudhoyono 62%, dan Aburizal Bakrie 61,4%," dia memaparkan.

Bila koresponden diberikan pertanyaan bila pemilihan presiden diadakan hari ini, Megawati mendapat dukungan 10% pemilih, sementara Prabowo disokong 6,7% pemilih.

"Sementara figur-figur yang diasosiasikan dengan partai koalisi atau incumbent mendapat dukungan yang lebih rendah," ungkapnya.

Berikut 12 nama kandidat calon presiden 2014 versi CSIS: Megawati, Prabowo Subianto, Jusuf Kalla, Aburizal Bakrie, Hamengkubuwono X, Ani Yudhoyono, Hatta Rajasa, Hidayat Nurwahid, Mahfud MD, Wiranto, Dahlan Iskan, dan Anas Urbaningrum.

"Sementara itu, nama Puan Maharani, Soekarwo, Pramono Edhie, Anies Baswedan, Sri Mulyani, Surya Paloh, dan Djoko Suyanto mendapat dukungan di bawah 2 persen," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendaftar ada 26 tokoh yang sedang mempersiapkan diri untuk berlaga di ajang pemilihan presiden mendatang.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

"Dari sejumlah tokoh itu, ada yang sudah memberikan statement, terlihat dari gerak-gerik politiknya. Saya kira bagus," kata SBY di Istana Negara, Senin.

Baca juga: SBY Mencatat 26 Tokoh Ingin Ikut Pilpres 2014 (kd)

Viral! Oknum Polisi Diduga Aniaya Istrinya, Ini Kata Polda Sumatera Utara
Antrean penumpang di area baggage drop Terminal 3, Bandara Soetta, Tangerang

Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta Mulai Menurun

Pergerakan penumpang pada puncak arus balik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024 yang terjadi pada Senin, 15 April 2024 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, nyatanya mengal

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024