Ketua KPU: Kami Tak Palsukan Dokumen

Abdul Hafiz Anshary
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Ketua Komisi Pemilihan Umum Abdul Hafiz Anshary dilaporkan politikus Partai Hati Nurani Rakyat Abdul Syukur Mandar ke polisi atas tuduhan pemalsuan dokumen. Sempat beredar informasi Hafiz telah menjadi tersangka, namun kemudian polisi menyatakan status itu salah tulis.

Dapat Diskon Gede, Harga Mobil Baru Ini Jadi Rp60 Jutaan

Hafiz sendiri menjelaskan, tak pernah ada pemalsuan dokumen yang dituduhkan polikus dari daerah pemilihan Maluku Utara itu. "Yang dikatakan dokumen palsu itu justru hasil rapat pleno secara terbuka yang dihadiri oleh saksi-saksi partai politik dan Badan Pengawas Pemilu," kata Hafiz di Hotel Harris, Jakarta, Rabu 16 November 2011.

Hasil rapat yang diikuti penghitungan secara terbuka itu kemudian dikoreksi KPU Maluku Utara. "Lalu dibantah oleh partai politik, dalam hal ini PDI Perjuangan. Berdebat, akhirnya diminta semua mengeluarkan bukti-bukti," kata Hafiz. Bukti-bukti dari tingkat kecamatan disandingkan oleh Panitia Pengawas,  saksi, dan KPU. "Ternyata memang yang disajikan itu keliru, yang benar ini. Akhirnya oleh pimpinan rapat waktu itu diputuskan untuk diperbaiki."

Bersyukur atas Kehadiran Bayi Lily, Raffi Ahmad: Seperti Malaikat Baik yang Dikirim Allah SWT

Perbaikan itu kemudian digugat ke Mahkamah Konstitusi. MK lalu menyandingkan lagi data hasil pemilihan. "Oleh MK, (dokumen) punya KPU Maluku Utara yang benar. Akhirnya dia (Abdul Syukur) kalah lagi di situ," kata Hafiz.

"Itulah yang dikatakan tuduhannya memalsukan dokumen padahal tidak ada yang dipalsukan. Itu asli hasil dari perhitungan bersama bukan dihitung oleh orang-orang sendiri," kata Hafiz. (umi)

Iran Peringatkan AS Jangan Ikut Campur: Ini Konflik dengan Rezim Israel yang Jahat
Penampakan rudal Iran di wilayah Israel

Serangan Balasan Iran ke Israel Bisa Picu Perang Dunia III, Begini Penjelasannya

Konflik Israel dan Iran semakin memanas. Baru-baru ini perwakilan militer Israel, Daniel Hagari, mengungkapkan bahwa Iran telah meluncurkan lebih dari 200 proyektil.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024