SBY Ajak DPR Hilangkan Lobi Tak Transparan

Pelantikan Menteri
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan banyak penggunaan keuangan negara yang tidak tepat sasaran. Bahkan, kata SBY, juga masih banyak pemborosan dan kebocoran anggaran negara, baik di tingkat pusat maupun daerah.

"Saya menilai masih banyak penggunaan APBN dan APBD yang belum tepat sasaran. Belanja modal masih sedikit dan belanja rutin masih besar," kata SBY saat menyampaikan policy speech usai melantik para menteri di Istana Negara, Jakarta, Rabu 19 Oktober 2011.

Bahkan, lanjut dia, anggaran negara masih banyak yang dikorupsi oleh pejabat negara di berbagai tingkatan. "Masih terjadi praktik korupsi yang melibatkan oknum pemerintah pussat, oknum pemerintah daerah, dan oknum DPR," kata dia.

Menurut dia, proses alokasi APBN dan APBD masih banyak yang tidak transparan, tidak akuntabel, dan ada indikasi dikorupsi. SBY mengaku temuan-temuan itu menjadi evaluasi khusus pemerintahannya. "Oleh karena itu, saya instruksikan kepada jajaran pemerintah untuk membenahi perencanaan dan implementasi dari APBN dan APBD kita," kata dia.

"Saya mengajak jajaran DPR RI untuk melakukan hal yang sama. Mari kita cegah lobi-lobi yang tidak transparan antar unsur pemeritnah, baik di pusat maupun daerah maupun unsur parlemen."

"Saya minta penegak hukum untuk melajukan pencegahan yang efketif, saya undang PPATK, Kepolisian, Kejaksaan, untuk bersama-sama menjaga keselamatan keuangan negara ini."

Dengan upaya-upaya itu, SBY mengatakan ingin mengurangi defisit APBN dalam tiga tahun sisa waktu jabatannya. "Kita berharap sebisa mungkin tahun 2014 defisit itu sudah bisa kita nolkan atau sekecil mungkin menuju rasio berimbang dan mengurangi rasio utang kita terhadap PDB kita," kata dia.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

"Sekarang banyak negara tumbang karena utang negara yang tinggi. Mari kita bertekad dan kita jalankan," lanjut presiden (ren)

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024