Mengapa Singapura Sebut Nazaruddin Tak Ada

Kota Singapura
Sumber :
  • flickr - slack12

VIVAnews - Pemerintah Singapura menyatakan bahwa mantan Bendahara Umum Demokrat, Muhammad Nazaruddin tidak ada di negeri itu. Apakah Negeri Singa Merlion itu tak lagi melindungi Nazaruddin?

"Saya menduga Singapura memberi warning bagi Nazaruddin. Tidak mau melindungi lagi," kata anggota Komisi III Bidang Hukum DPR, Martin Hutabarat, dalam diskusi yang digelar Trijaya FM, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 9 Juli 2011.

Menurut Martin, pernyataan Singapura yang mengatakan Nazaruddin tidak ada di sana itu menjadi peringatan tersendiri. Di sisi lain, Singapura tidak ingin hubungan dengan Indonesia dalam komunitas ASEAN yang baru tidak terganggu.

Martin bertanya-tanya, mengapa Singapura mengeluarkan pernyataan yang berkaitan dengan kasus hukum di Indonesia. Tidak seperti biasanya, Singapura mengeluarkan pernyataan seperti itu.

"Saya menduga, Singapura melihat ini karena Presiden SBY telah merespons langsung kasus ini," kata politisi Gerindra ini. Bagi Martin, Singapura seakan-akan ingin melepaskan diri dari stigma negara surga koruptor. "Apalagi sedang dibangun hubungan dengna komunitas ASEAN yang baru."

Seperti diketahui, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Singapura menyatakan Nazaruddin saat ini sudah tidak berada di Singapura. Menurut Kementerian Luar Negeri Singapura, informasi ini sudah diberitahukan kepada pemerintah Indonesia beberapa minggu lalu.

"Jauh sebelum dia ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 30 Juni 2011." Mengenai pertanyaan dimana Nazaruddin, Juru Bicara yang tidak disebutkan namanya itu menyatakan, "Saya tidak tahu dan kami tidak melacak orang yang telah meninggalkan Singapura. Pihak berwenang Indonesia sudah diinformasikan tujuannya saat dia berangkat."

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?
Ilustrasi berjalan tanpa alas kaki.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Belum lama ini viral mengenai seorang remaja berusia 14 tahun dari Amerika Serikat yang berjalan selama 3 jam dan menempuh 35.000 langkah menuju masjid untuk hal ini

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024