Pramono: Fatwa Haram BBM, yang Kasihan MUI

BBM
Sumber :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews -- Berawal dari pertemuan antara MUI dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Saleh, Majelis Ulama Indonesia mewacanakan fatwa haram BBM bersubsidi untuk orang mampu. Tujuannya, demi efisiensi energi dan sumber daya alam sesuai dengan ajaran agama Islam.

Wacana ini menuai kontroversi. Sejumlah pihak menilai tak pada tempatnya MUI turut campur dalam persoalan kebijakan energi. Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua DPR, Pramono Anung. Ia menyayangkan munculnya wacana tersebut. "Ini sudah menjadi over dosis," kata Pram, Kamis 30 Juni 2011.

Menurut politisi PDIP itu, terlihat ada upaya otoritas berwenang menggunakan MUI untuk memuluskan kebijakan. Menurutnya, MUI tidak perlu dibawa dalam ranah kebijakan publik.  "MUI tidak perlu ikut campur kebijakan publik. Ini bukan wilayah yang harus dimasuki MUI," kata Pram.

Pram menilai, wacana itu muncul karena  Menteri ESDM yang tidak percaya diri menerapkan program pembatasan BBM bersubsidi. Padahal, pembatasan itu sudah disetujui dalam rapat pemerintah dan DPR. "Saya kasihan dengan MUI-nya," ujarnya.

Pram kasihan dengan MUI kalau fatwa benar keluar nantinya tidak dijalankan penganut Islam. Kalau tidak dijalankan, kredibilitas MUI direndahkan. "Ini juga, nanti ada diskriminasi antara muslim non muslim, karena non muslim tidak terpengaruh fatwa. Padahal ini soal kebijakan publik," ujarnya.

Soal tudingan mendompleng,Kementerian ESDM membantah keras. Dalam rilisnya, mereka menegaskan tidak pernah memanfaatkan, mengandalkan atau mendompleng MUI untuk memutuskan kebijakan terkait BBM.

"Kementerian ESDM bekerja secara profesional sesuai amanah dan kewenangan konstitusi untuk menunaikan tugasnya. Tak ada yang keliru sama sekali dengan menerima MUI atau lembaga mana pun yang berniat baik untuk bersama membangun bangsa," demikian dinyatakan rilis itu. (umi)

Hartono Bersaudara, Pemilik Klub Sepak Bola Italia Terkaya
Shin Tae-yong

Pujian Shin Tae-yong untuk Australia Meski Dipecundangi Timnas Indonesia U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong memberikan pujian kepada Australia usai pertandingan kedua Grup A Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024