Peneliti LP3ES

Ini Krisis Lembaga Demokrasi, Tak Hanya SBY

Taufiq Kiemas, Irman Gusman, Busyro Muqoddas, SBY, Marzuki Alie & Boediono
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Kepala Divisi Penelitian Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) Kurniawan Zein berpendapat hasil survei IndoBarometer merupakan lonceng krisis kepercayaan masyarakat pada lembaga demokrasi. Rakyat tidak hanya kecewa dengan kinerja pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono melainkan terhadap tiga institusi demokrasi yakni eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Trias politika yang seharusnya menjadi sistem saling kontrol terhadap satu institusi dengan institusi lainnya, kata Kurniawan, tidak berjalan maksimal. Justru, masing-masing institusi seringkali menimbulkan rasa kecewa rakyat.

Dia mencontohkan, rencana pemerintah membuat regulasi narkoba terkait keringanan penggunaan narkoba di bawah 1 gram. Dalam pasal 103 UU itu, memungkinkan pengguna narkotika dengan barang bukti kurang dari satu gram, direhabilitasi, bukan dipenjara. "Regulasi itu sangat kontroversial," katanya saat dihubungi VIVAnews, Senin 16 Mei 2011.

Tingkah laku elite politik di lembaga legislatif, kata Kurniawan  seringkali menyakiti hati rakyat. Rencana pembangunan gedung baru DPR dan berbagai kunjungan anggota ke luar negeri yang dinilai tidak berkaitan dengan fungsi dan tugasnya, membuat rakyat kecewa dengan lembaga pembuat undang-undang itu.

"Perilaku politik anggota dewan tidak menunjukkan empati terhadap rakyat. Tidak ada sense of crisis," ucapnya.

Sementara, lembaga hukum yang seharusnya menjadi jangkar bagi terciptanya keadilan di tengah masyarakat, menurutnya belum juga berhasil memainkan peran. Banyak kasus yang menyita perhatian publik, seringkali berakhir antiklimaks dan tidak memberikan rasa keadilan yang seharusnya.

"Bagaimana kita melihat kasus penanggulangan Gayus dan sebagainya. Yudikatif di sini tidak hanya aspek kehakiman saja, tapi sistem hukum kita secara menyeluruh," katanya.

Kurniawan menegaskan, jika kekecewaan rakyat terhadap tiga lembaga trias politika itu tidak segera dijawab dengan perbaikan, maka akan segera mengancam keberlangsungan sistem demokrasi di Indonesia.

Ibas Harap Prabowo-Gibran Penuhi Janji Politik saat Kampanye

Mau tahu hasil survei IndoBarometer itu? Baca:

Survei: Publik Rindukan Masa Soeharto

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Orde Reformasi Hanya Bagus di Sektor Hukum

Survei: SBY Lebih Disukai daripada Soekarno

KPU Kabupaten Tangerang Buka Rekrutmen PPK dan PPS Pilkada 2024: Tersedia 967 Kuota

Survei: Kepuasan atas SBY di Bawah 50%

Mayoritas Pemilih PKS Tak Puas dengan SBY

 Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro dan pemain Arema FC Syaeful Anwar.

Lawan PSM Makassar Jadi Laga Hidup Mati Bagi Arema FC

Arema FC akan menghadapi laga hidup dan mati dalam lanjutan Liga 1 saat melawan PSM Makassar. Duel pekan ke-33 ini akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024