Menang Pilkada Kalah Pilpres, Ini Alasan PDIP

Puan Maharani
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Ketua Bidang Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Puan Maharani, menyatakan partainya 93 kali berhasil mengantarkan calon-calon kepala daerah yang diusungnya memenangkan pilkada. Tiga puluh satu kepala daerah yang berhasil dimenangkan dalam pilkada itu merupakan kader.

Tetapi kenapa PDIP tetap tidak dapat menang dalam pemilu legislatif maupun pemilu presiden? "Karena kami tidak bisa memberikan otoritas yang jelas kepada mereka (pemilih), apakah harus ikut kami atau tidak," ujar Puan dalam jumpa pers di DPP PDIP, Jakarta, Senin 28 Maret 2011.

Puan memahami seseorang bisa tergoda untuk berpindah haluan politik hanya karena melihat perubahan iklim kekuasaan. "Karena yang namanya kekuasaan itu sangat cair, mereka sebagai manusia sangat manusiawi sekali di saat roda sedang berputar dan arah angin sedang  mengarah ke salah satu warna, tentu saja mereka, karena merasa ketakutan atau banyak hal-hal lain, akhirnya pindah ke partai lain yang tidak mendukung mereka awalnya," kata Puan.

Oleh karena itu, menurut Puan harus ada aturan yang jelas agar parpol tidak hanya dijadikan sekedar batu loncatan untuk meraih kekuasaan namun setelah itu dilupakan. Sekaligus aturan tersebut dapat menjadi payung bagi parpol memberikan hukuman kepada kepala daerah yang mudah membelot dari pendukung awalnya.

"PDI Perjuangan menginginkan ada satu pasal yang jelas, agar fungsi partai politik dalam pilkada-pilkada itu dapat berfungsi sebagaimana mestinya," kata Puan. (umi)

Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series
Simulasi Makan Siang di Tangerang, Menko Airlangga Hartarto

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Program makan siang gratis yang diusung oleh Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diperkirakan membutuhkan 6,7 juta ton beras per tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024