POLITIK

Walikota Solo Tak Pernah Ambil Gaji

Joko Widodo bertahun-tahun tidak pernah mengambil gaji.

ddd
Sabtu, 29 Januari 2011, 17:07 Umi Kalsum
Walikota Solo Joko Widodo
Walikota Solo Joko Widodo (Fajar Sodiq/VIVAnews)

VIVAnews -  Urusan gaji pejabat tinggi belakangan ini kian ramai dibicarakan. Pemicunya, pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono soal gajinya yang sudah tujuh tahun tidak juga naik. Tapi tidak semua pejabat negara mempermasalahkan gaji. Walikota Solo Joko Widodo, misalnya.

Walikota yang tengah menjalani masa jabatan dua periode ini ternyata belum pernah sekali pun mengambil gajinya. Bahkan, mobil dinas walikota yang saat ini dipakainya juga merupakan 'warisan' pejabat walikota sebelumnya, Slamet Suryanto.

Jokowi panggilan akrab walikota Solo ini menuturkan, Sabtu 28 Januari 2011  hingga hari ini belum pernah melihat ataupun menerima amplop gaji bayarannya sebagai walikota. “Kalau teken saya memang teken tapi tidak pernah lihat amplopnya. Ambil gimana, wong lihat amplopnya saja tidak pernah,” kata dia.

Ketika ditanya kenapa tidak mengambil gajinya, dengan rendah hati ia tidak mau menjawabnya. “Nggak, nggak, saya tidak mau menjawabnya karena terlalu riskan. Yang penting saya tidak pernah ambil gaji. Kalau tidak percaya, tanya saja kepada sekretaris atau ajudan saya,” tegas dia.

Soal mobil dinas, dia juga enggan menggantinya dengan yang baru. Mobil dinas Toyota Camry keluaran tahun 2002 ini merupakan peninggalan mobil dinas walikota Solo sebelumnya, Slamet Suryanto. “Mobil asal bisa dinaikin, tidak perlu mobil baru,” ujar Jokowi.

Selain itu, dia mengaku memang tidak suka gonta-ganti mobil. Seperti halnya mobil pribadinya yang sudah 14 tahun tidak diganti. “Saya bukan sok, tapi saya memang orang nggak punyai birahi terhadap mobil baru. Jenis mobil dinasnya keluaran tahun berapa, saya juga tidak tahu. Silakan tanya Pak Suli saja (sopir walikota). Pokoknya saya naik dan selamat saja,” tutur dia.

Laporan: Fajar Sodiq | Solo



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
Eko
26/09/2011
Salut..ternyata masih ada pemimpin yg baik seperti Pak Jokowi..bravo Pak..maju terusss
Balas   • Laporkan
Pemerhati Bangasa
09/09/2011
trus gaji nya kemana? menurut saya alangkah baiknya gaji nya langsung di berikan ke fakir miskin, dari pada tidak di ambil kemudian di ambil/di korupsikan oknum pegawai yang lain
Balas   • Laporkan
anton prasetyo
09/08/2011
mantab pak.sukses selalu untuk pak jokowi
Balas   • Laporkan
anex
21/07/2011
MANTABBBBB pak jokowi.. :)
Balas   • Laporkan
sukarjono
07/07/2011
salah satu putra terbaik Indonesia, Bravo pak JOKOWI maju ke RI -1 pak , pemimpin yang bisa mimpin rakyat,,,,,
Balas   • Laporkan
Agus Widodo
01/07/2011
saya ingin brtemu dengan Pak Jokowi bagaimana caranya yaa????
Balas   • Laporkan
An-Nisa
10/06/2011
JOKOWI Ok Bangettttttttttt Ko cuma kickandy aja yg mau interview ma pa Jokowi... media yang lain pada kmana?
Balas   • Laporkan
megga
22/05/2011
salut bgt sama pak jokowi ,semoga para petinggi-petinggi di senayan bisa ikut seperti bapak.amin
Balas   • Laporkan
rakyat indonesia
19/05/2011
Smoga bapak Jokowi, bisa menjadi pemimpin yang lebih tinggi lagi... jadi walikota hanya dirasakan oleh wong solo.... kami rakyat RI merindukan menjadi presiden...
Balas   • Laporkan
kang basyir
25/03/2011
UNTUK YANG SUKA NAIK GAJI mari kita doakan semoga uang rakyat barokah untuk anak cucu mereka .. AMIN .. tidak menjadi penghalang pintu surga .. AMIN .. selalu didoakan yg baik oleh rakyat .. AMIIIN
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com

Konten ini dikirimkan oleh pembaca anggota VIVAlog