Ada Perjanjian PDIP Calonkan Prabowo di 2014?

Megawati & Prabowo Subianto kampanye akbar di Gelora Bung Karno
Sumber :
  • Mega-Prabowo Media Center/ Bachren

VIVAnews - Partai Gerakan Indonesia Raya menyatakan bakal mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2014. Meskipun elektabilitas Gerindra sebagai partai yang relatif baru masih tergolong rendah dibanding dengan partai-partai besar, namun Gerindra optimistis Prabowo dapat maju sebagai capres.

"Jangan lupa, Prabowo juga mengandalkan surat Megawati yang menjanjikan akan mencalonkan Prabowo pada (Pemilu) 2014," kata anggota Dewan Pembina Gerindra, Permadi, Rabu, 12 Januari 2011.

Permadi yang juga merupakan pernah menjadi politisi PDIP tersebut menjelaskan, ada surat perjanjian antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto yang dibuat menjelang Pilpres 2009 lalu. Pada Pemilihan Presiden 2009, Prabowo maju sebagai calon wakil presiden dari Megawati.

Padahal, Prabowo sebelumnya berniat untuk maju sebagai calon presiden. Negosiasi antara keduanya ketika itu berlangsung alot, sebelum akhirnya Prabowo bersedia mengalah menempati posisi cawapres. Salah satu perjanjiannya, menurut Permadi, pada Pemilu 2014 mendatang Prabowo akan diajukan sebagai calon presiden oleh PDIP.

Permadi menyatakan meski wacana seputar pemilu dan capres masih terlalu dini dibicarakan, "Tapi wacana untuk mengusung Prabowo memang harus dibulatkan dari sekarang."

Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi

Apalagi, imbuhnya, elektabilitas Prabowo terbukti tinggi di kalangan masyarakat. Berdasarkan survei Indo Barometer di akhir 2010 lalu, popularitas Prabowo menempati tempat kedua, persis di bawah Megawati.

Upaya Gerindra untuk mengusung Prabowo ini, jelas Permadi, akan diimbangi dengan upaya internal partai untuk terus-menerus melakukan konsolidasi guna memperbesar basis, kekuatan, dan pengaruh pada 2014 nanti. Survei terakhir LSI beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa meski Gerindra berhasil menyodok ke peringkat enam, namun elektabilitas mereka masih berkisar di angka 2,4 persen, jauh dari memuaskan.

Ditanya soal ini, Wakil Ketua Umum DPR RI dan mantan Sekjen PDIP Pramono Anung Wibowo  menolak berkomentar. "Pemilu masih jauh," katanya. (kd)

ilustrasi R.A Kartini

Kumpulan Kata-kata Inspiratif untuk Memperingati Hari Kartini

Hari Kartini tidak hanya menjadi sekadar perayaan, tetapi juga momen refleksi atas perjuangan panjang perempuan Indonesia dalam mencapai kesetaraan dan kemerdekaan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024