LSI: PDIP, Oposisi Total atau Mitra Kritis?

Ketua umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri
Sumber :
  • ANTARA/Farras

VIVAnews - Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Dodi Ambardi menilai pidato Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri secara normatif itu baik. Rakyat ingin mendengarkan kritik dari PDIP terhadap pemerintah.

Tetapi, Dodi melihat ada sisi lain yang perlu dicermati di balik kritik keras Megawati terhadap pemerintah pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dodi menilai, PDIP tidak konsisten sebagai oposisi dan sedang mencari jati diri.

"Coba perhatikan perjalanan PDIP dari pemilu 2004, Kongres 2005 sampai Kongres 2010. PDIP terlihat sangat ragu, apakah menjadi oposisi total, bagian dari pemerintah, atau yang lain?" kata Dodi Ambardi kepada VIVAnews.com di Jakarta, Selasa 11 Januari 2011.

Dodi mengakui, pidato Megawati kali ini sangat frontal dan ekstrim terhadap pemerintah. Tapi, pidato Megawati yang kritis itu adalah hal biasa. Keraguan dan ketidakkonsistenan PDIP menentukan 'genre'nya itu terlihat pada pernyataan-pernyataan para tokohnya.

Seperti pernyataan Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDIP Taufiq Kiemas yang selalu tidak menutup pintu bagi Partai Demokrat, partai pemerintah. "Belum lagi tokoh lainnya, Tjahjo Kumolo memberi dua pilihan, Pramono Anung terlihat abu-abu," kritik Dodi.

Dodi menilai, sikap PDIP yang fluktuatif itu seperti mencari-cari dampak electoral atau daya pilih di masyarakat. Misalnya, saat PDIP kritis terhadap angket PT Bank Century Tbk, menurut Dodi, berdasarkan survei LSI ternyata tidak ada dampak electoral bagi PDIP.

"Jadi, saat PDIP kritis, dampak electoral-nya biasa saja. Saat mencoba merapat ke pemerintah, juga begitu. Ini terlihat sekali," ujar pengamat politik lulusan University of Essex, Inggris, ini.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Dalam kritiknya, Megawati menyampaikan beberapa daftar 'bencana mental' yang sedang melanda penguasa. Menanggapi kritik itu, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi membeberkan prestasi pemerintah. (art)

Dok. Istimewa

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024