Anis Matta: Serahkan Soal Bencana ke Militer

Sekjen PKS Anis Matta
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Wakil Ketua DPR RI Anis Matta mengusulkan agar penanganan bencana diserahkan kepada militer. Hal itu didasari banyak keluhan dari masyarakat terkait penanganan bencana yang masih lamban.

Menurut Anis, militer perlu diberikan kepercayaan untuk mengkoordinir penanganan bencana. Karena hal itu merupakan solusi untuk memperbaiki kecepatan dalam merespon bencana yang terjadi di Indonesia. Apalagi saat ini kejadian bencana terbilang tinggi.

"Militer juga memiliki misi kemanusiaan. Serahkan sepenuhnya kepada militer supaya responnya lebih cepat," kata Anis di DPR RI, Jakarta, Senin 1 November 2010.

Sebab, lanjut Anis, penanganan bencana selama ini juga menggunakan perlengkapan yang dimiliki TNI seperti pesawat dan kapal. Itu juga akan menjadi alasan untuk meningkatkan anggaran bagi alutista TNI.

"Ada alasan untuk meningkatkan anggaran TNI. Selain misi perang, militer juga punya misi kemanusiaan, " kata Anis.

Penanganan yang cepat dalam kondisi tanggap darurat seperti bencana, menurut Anis, bisa langsung di bawah koordinasi panglima TNI.

Mobil Harvey Moeis Disita Lagi, 2 Ferrari dan 1 Mercy

"Penanganan bencana langsung di bawah presiden, itu sudah pasti. Panglima TNI juga kan akan langsung bisa mengkoordinir sesuai perintah presiden," kata Anis. (sj)

Rafael Struick latihan bersama Indonesia U-23

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Penyerangan Timnas Indonesia, Rafael Struick bakal dipastikan absen memeprkuat skuad asuhan Shin Tae Yong pada babak Semifinal Piala Asia 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024