Anas: Demokrasi Bukan untuk Segelintir Orang

Anas Urbaningrum.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Ketua Umum DPP Partai Demokrat (PD) Anas Urbaningrum mengatakan tidak layak jika ada kader partai yang hanya mementingkan diri sendiri. Menjadikan tujuan demokrasi hanya sebagai alat politik saja.

"Makmur dan sejahtera bukan dalam pengertian ekonomi saja, tetapi secara utuh. Tidak boleh pencapaian demokrasi hanya dinikmati segelintir aktivis partai, pejabat atau pengusaha yang mendapat dukungan partai politik," kata Anas Urbaningrum.

Hal itu disampaikan Anas saat menjadi pembicara dalam saresehan politik bertajuk 'Visi Demokrasi Untuk Indonesia Sejahtera' memperingati HUT PD ke-9, di Hotel Shangri-La Surabaya, Kamis 7 Oktober 2010.

Menurut Anas, hendaknya demokrasi dipakai sebagai sarana mencapai kesejahteraan dan kemakmuran rakyat yang terdistribusi secara adil dan merata. Anas menambahkan, substansi demokrasi adalah menuju terjaminnya pemerintah stabil dan efektif yang menghasilkan kebijakan pro rakyat dan mewujudkan kemakmuran.

"Jangan sampai ada penilaian adanya demokrasi elitis yang insentifnya hanya dinikmati kalangan tertentu, politisi dan aktivis parpol saja," ungkapnya.

Anas mengibaratkan demokrasi yang dicapai layaknya gamelan yang bisa dinikmati orang banyak. Bukan malah membuat bising dan 'sumpek' pendengarnya.

Dalam sarasehan ini, tampak hadir pula salah satu pendiri Demokrat Subur Budhi Santoso, Bupati Sidoarjo Wien Hendrarso, Ketua DPRD Surabaya Wisnu Wardhana dan Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur Martono. Hadir juga sebagai pembicara pemberi materi saresehan Dewan Pembina yang juga Gubernu Jawa Timur, Soekarwo.

Dalam sambutan pembukaannya, Ibnu Hadjar menyampaian sarehan adalah puncak acara dari HUT PD ke-9. "Sebelumnya, telah dilaksanakan halal bihalal, penghijauan, bakti sosial yang diisi dengan donor darah dan wayangan," katanya.

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT
Ilustrasi Kelebihan dari Investasi Properti.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Membeli properti, baik rumah atau pun tanah merupakan salah satu keputusan finansial terbesar dalam hidup seseorang dan memiliki potensi sebagai investasi jangka panjang

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024