Ketua DPR: Calon Kapolri Dikirim SBY Sore Ini

Marzuki Alie (Demokrat)
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVAnews - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie menyatakan surat resmi dari Presiden mengenai pengajuan nama calon Kapolri belum diterima oleh DPR. Marzuki mendapat informasi, surat itu baru dikirim Presiden Senin sore ini.

Marzuki mencoba meluruskan pernyataan dia sebelumnya bahwa Presiden akan mengirim nama calon Kapolri pada 3 Oktober. Marzuki mendapat informasi itu sewaktu pelantikan Panglima TNI, saat berbincang-bincang dengan Presiden. Presiden memperkirakan tanggal 3 Oktober nama tersebut bisa dikirim ke DPR.

"Rupanya tanggal 3 itu hari Minggu. Kemarin, saya konfirmasi ulang, apakah memang akan disampaikan tanggal 3," kata Marzuki di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin 4 Oktober 2010. Ternyata, Istana membatalkan pada hari itu.

Karena merasa diingatkan, lanjut Marzuki, pihak istana berterima kasih. Istana lalu menyampaikan kemungkinan Senin sore ini surat pengajuan nama calon kapolri tersebut akan dikirim ke DPR. "Tunggu saja. Nanti begitu dapat, saya sampaikan kepada media," kata Marzuki.
 
Menanggapi isu beredarnya bocoran nama Ito Sumardi sebagai calon Kapolri, Marzuki berpendapat sifatnya tidak pasti. "Dua calon terdahulu juga bocoran, dan tambahan lagi Pak Ito juga bocoran. Marilah kita serahkan (pada Presiden). Ini hak prerogatif Presiden. Jangan dipolitisasilah," kata Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu.

Marzuki mengimbau kepada semua pihak untuk bersabar menunggu. Yang jelas siapa pun yang akan diajukan sebagai calon kapolri, Marzuki meyakini tentu yang terbaik.

Marzuki juga mengingatkan, SBY merupakan pemimpin yang taat pada asas. Artinya siapapun yang diajukannya sebagai calon Kapolri tentu memenuhi segala kriteria, sistem mekanisme, prosedur yang ada.

"Kalau memang Pak Ito masuk dalam usulan pertama, saya kira itu bukan hal yang luar biasa. Artinya itu sesuai dengan sistem yang berjalan. Tetapi kalau tidak masuk dalam sistem itu, saya nggak yakin beliau (SBY) akan pilih. Karena beliau taat sekali dengan aturan main," kata Marzuki.

BYD Pamer Mobil Super Canggih, Bodinya Furutistik
Duel Persebaya Surabaya vs Persib Bandung

Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya

Persib Bandung akan berhadapan dengan Persebaya Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel kedua tim digelar di Stadion Si Jalak Harupat

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024