SBY Kirim Nama Calon Kapolri ke DPR 3 Oktober

Ketua DPR Marzuki Alie
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie telah bertanya pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kapan nama calon Kepala Kepolisian dikirim ke DPR. Presiden, kata Marzuki, menjawab "tanggal tiga."

"SBY tidak merasa didesak kok," kata Marzuki ditemui di gedung parlemen, Selasa 28 September 2010. "Saya tadi mengobrol. Saya tanya, Pak SBY merasa didesak-desak?"

Jawaban SBY yang sama-sama duduk bersama Marzuki di Dewan Pembina Partai Demokrat itu adalah, "nggak."

Marzuki menyampaikan, SBY akan mengirim satu nama calon ke DPR. "Kan biasa kirim hari Minggu, Senin pagi langsung saya rapat pimpinan," kata Marzuki. "Kan dulu kirim Minggu juga waktu Pak Agus Suhartono."

Jika satu nama itu masuk tanggal 3, Marzuki yakin parlemen memiliki waktu 20 hari untuk diproses DPR. Tanggal 23, sudah diperoleh sikap DPR, sementara masa jabatan Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri baru berakhir akhir Oktober. "Masih ada waktu luang untuk persiapan pelantikan. Biar nggak terlalu mepetlah."

Sejauh ini ada dua nama yang disebut ada di tangan SBY untuk dipilih sebagai Kapolri yakni Komisaris Jenderal Nanan Soekarna dan Komisaris Jenderal Imam Sudjarwo. Dua nama ini yang disaring dari enam bakal calon yang disiapkan Komisi Kepolisian dan Polri.

Prof Yudan dan Pejabat BPIP Melayat ke Rumah Kayla Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi
Hakim Agung Suharto

Pernah Anulir Vonis Mati Sambo, Kabar Majunya Suharto jadi Wakil Ketua MA Dikritisi

Pencalonan Hakim Agung Suharto sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung menuai respons negatif karena Suharto pernah menganulir hukuman mati untuk Ferdy Sambo.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024