Akhirnya DPR Tunda Bangun Gedung Baru

Rancangan gedung baru DPR yang bernilai Rp1,1 triliun
Sumber :
  • www.dpr.go.id

VIVAnews - Setelah dibombardir kritikan akhirnya rencana pembangunan gedung baru Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) senilai Rp 1,6 triliun ditunda. Pimpinan DPR meminta konsultan pembangun gedung mengkaji ulang.

"Tender yang akan dilaksanakan, kami minta ditunda sampai kajian kembali ini diselesaikan dengan tuntas," kata Ketua DPR Marzuki Alie usai rapat dengan konsultan pembangun gedung di DPR, Jakarta, Senin 6 September 2010.

Menurut Marzuki, DPR tidak meminta konsultan untuk membangun gedung yang mewah. Apalagi sampai meminta dengan rinci untuk membangun kolam renang, spa, dan fasilitas mewah lainnya.

"Kami hanya ingin ada tempat supaya tambahan tenaga ahli ditampung dalam rangka penguatan kinerja DPR," ujar Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini.

Marzuki mempertegas, anggota Dewan sebenarnya tidak mengerti apapun mengenai persoalan teknis pembangunan gedung. Anggota DPR hanya menyampaikan keinginan agar dibuatkan gedung untuk penguatan kinerja dengan tambahan tenaga ahli.

Pimpinan DPR sepakat agar pembangunan itu dikaji ulang dan pelaksanaan tendernya ditunda. Karena saat ini, isu yang berhembus mengenai gedung baru dengan fasilitas mewah sudah meluas dan menjadi opini publik. Dan itu semakin memperburuk citra DPR.

"Pertama, meminta agar proyek pembangunan gedung ini dikaji kembali, dihitung ulang," tegas Marzuki. Dia melanjutkan, pembangunan gedung itu jangan menggambarkan sebagai gedung yang mewah, yang mencederai perasaan rakyat Indonesia.

Pembangunan itu hanya untuk mendukung mendukung kerja anggota Dewan dengan tambahan tenaga ahli sebagaimana yang diinginkan. Marzuki memerintahkan tim teknis konsultan gedung, Sekretariat Jenderal, dan Kementerian Pekerja Umum untuk menjelaskan langsung kepada publik.

"Jadi tim teknis dari Kesetjenan bersama Kementerian PU dengan konsultan yang akan menjelaskan kepada publik secara profesional, transparans, dan bisa dipertanggungjawabkan. Akuntabilitasnya harus jelas, terukur," tegas dia.(ywn)

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5
Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024