Gedung Wah Wakil Rakyat

Rancangan gedung baru DPR yang bernilai Rp1,1 triliun
Sumber :
  • www.dpr.go.id

VIVAnews – Untung sudah 10 tahun mengemis di jembatan penyeberangan di depan Gedung DPR RI. Dari koran bekas, ia mengikuti berita tentang rencana pembangunan gedung baru Dewan senilai Rp1,6 triliun yang kini diributkan itu. Dia pun geleng-geleng kepala.  “Ada orang susah di depan DPR nggak dipikirin malah mau bikin gedung baru. Rakyat sekarang susah, mau berobat nggak bisa, sekolah mahal,” dia mengeluh.

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

Protes bukan hanya disuarakan Untung. Sepekan terakhir, rencana kontroversial ini luas dikecam berbagai kalangan.

Tak kurang dari Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD yang menyatakan terheran-heran. Mahfud menyebutnya sebagai proyek mercusuar yang tidak perlu. Apalagi, kata dia, jika menimbang kinerja anggota DPR periode ini yang jauh dari harapan. Satu contoh, dalam hal legislasi, dari 70 Rancangan Undang-Undang yang ditargetkan, baru 6 yang disahkan. “Ya, cuma begitu-begitu saja,” kata Mahfud.

Hasbi Hasan Dituntut 13 Tahun Bui, Pengacara: Tak Rasional, Seperti Balas Dendam

Reaksi amat keras bahkan disuarakan Wakil Ketua DPR sendiri, Pramono Anung, dari PDI Perjuangan. "Sebagai Pimpinan DPR, terus terang saya malu dengan rencana pembangunan gedung DPR yang baru," kata mantan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan ini di timeline twitternya, 1 September lalu. Pram juga menyatakan rencana itu belum pernah diputuskan dalam Rapat Pimpinan DPR dan karena itu “saya akan minta untuk dievaluasi atau ditunda.”

Gedung baru ini memang bukan sembarang gedung. Ini persisnya sebuah menara berlantai 36 ditambah tiga basement parkir berkapasitas 1.000 mobil. Total luas bangunan mencapai 161 ribu meter persegi. Proses pembangunan diperkirakan memakan waktu hingga tujuh tahun.

CEO Freeport Temui Jokowi di Istana, Bahas Smelter hingga Perpanjangan Izin Tambang

Direncanakan pihak konsultan, di dalamnya bukan hanya ada kantor dan ruang sidang, tapi berbagai fasilitas yang lazimnya ditemui di mall, hotel, atau resor untuk plesir--kolam renang, salon, pertokoan, restoran, kafe, dan ruang lobi yang megah. Oh ya, jangan sampai dilupakan, di atap gedung, masih ada helipad.

Rumah Rakyat Ini Rp 1 Triliun

Kawasan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR)

Lippo Karawaci Cetak Pendapatan Rp 17 Triliun di 2023, Kantongi Laba Bersih Rp 50 Miliar

PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 15 persen year on year (YoY) menjadi Rp17 triliun pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024