POLITIK

Gedung Wah Wakil Rakyat

Gedung mewah ini dibangun. NIlainya Rp1 triliun.

ddd
Minggu, 5 September 2010, 06:36 Wenseslaus Manggut, Mohammad Adam
Rancangan gedung baru DPR yang bernilai Rp1,1 triliun
Rancangan gedung baru DPR yang bernilai Rp1,1 triliun (www.dpr.go.id)

VIVAnews – Untung sudah 10 tahun mengemis di jembatan penyeberangan di depan Gedung DPR RI. Dari koran bekas, ia mengikuti berita tentang rencana pembangunan gedung baru Dewan senilai Rp1,6 triliun yang kini diributkan itu. Dia pun geleng-geleng kepala.  “Ada orang susah di depan DPR nggak dipikirin malah mau bikin gedung baru. Rakyat sekarang susah, mau berobat nggak bisa, sekolah mahal,” dia mengeluh.

Protes bukan hanya disuarakan Untung. Sepekan terakhir, rencana kontroversial ini luas dikecam berbagai kalangan.

Tak kurang dari Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD yang menyatakan terheran-heran. Mahfud menyebutnya sebagai proyek mercusuar yang tidak perlu. Apalagi, kata dia, jika menimbang kinerja anggota DPR periode ini yang jauh dari harapan. Satu contoh, dalam hal legislasi, dari 70 Rancangan Undang-Undang yang ditargetkan, baru 6 yang disahkan. “Ya, cuma begitu-begitu saja,” kata Mahfud.

Reaksi amat keras bahkan disuarakan Wakil Ketua DPR sendiri, Pramono Anung, dari PDI Perjuangan. "Sebagai Pimpinan DPR, terus terang saya malu dengan rencana pembangunan gedung DPR yang baru," kata mantan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan ini di timeline twitternya, 1 September lalu. Pram juga menyatakan rencana itu belum pernah diputuskan dalam Rapat Pimpinan DPR dan karena itu “saya akan minta untuk dievaluasi atau ditunda.”

Gedung baru ini memang bukan sembarang gedung. Ini persisnya sebuah menara berlantai 36 ditambah tiga basement parkir berkapasitas 1.000 mobil. Total luas bangunan mencapai 161 ribu meter persegi. Proses pembangunan diperkirakan memakan waktu hingga tujuh tahun.

Direncanakan pihak konsultan, di dalamnya bukan hanya ada kantor dan ruang sidang, tapi berbagai fasilitas yang lazimnya ditemui di mall, hotel, atau resor untuk plesir--kolam renang, salon, pertokoan, restoran, kafe, dan ruang lobi yang megah. Oh ya, jangan sampai dilupakan, di atap gedung, masih ada helipad.

Rumah Rakyat Ini Rp 1 Triliun



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
serak
10/09/2010
bubarkan saja DPR karena mereka semua tidak bisa bekerja
Balas   • Laporkan
marlen
07/09/2010
waaau...., Di tengah kesulitan ekonomi yang dihadapi oleh bangsa kita saat ini, dan disaat masih banyak anak2 indonesia yang belum mendapat pendidikan yang layak, para anggota DPR yang terhormat malah akan membangun monumen yang begitu megah.
Balas   • Laporkan
didirock
05/09/2010
WAH BUAGUS ITU RENCANANYA....LANJUTKAN...!!!!! F.U.
Balas   • Laporkan
excel
05/09/2010
fasilitasx hanya kurang 1..PENJARA.,spy klo ada Anggota DPR yang korup langsung aja dimasukin ke situ..
Balas   • Laporkan
tamrin muchsin
05/09/2010
seharusnya yg paling patut untuk dibangun terlebih dahulu adalah hati nurani, rasa malu dan mental anggota DPR nya,...atau BURT DPR usulkan proyek Pembelian Kaca Mata Buat Anggota DPR.....agar tampak oelh mereka rakyat yg masih tidur di gubuk.
Balas   • Laporkan
kr
05/09/2010
ya betul, gedung yang megah biar nyaman...... mungkin nati kasus maria eva dengan anggota dewan ga di hotel, melainkan di gedung baru yang nyaman melebihi hotel bintang lima. jadi nanti fungsi gedung bukan untuk membuat uu, rapat. tp buat MESUM kali ya???
Balas   • Laporkan
jika
05/09/2010
wah,,wahh,,wahh..ingat donk.. anak2 jalanan yg gak punya tempat tinggal..tidur di bawah kolong jembatan..gak punya hati nurani banget..taunya makan uang rakyat (serakah)..lebih baik melakukukan hal yg menguntungkan rakyat, bukan menindas rakyat...
Balas   • Laporkan
kimyunie
05/09/2010
sekolah mahal,dpr foya2..keren dah anggota dewan kita yg tidak terhormat ini....
Balas   • Laporkan
adt
05/09/2010
Benar-benar tidak punya rasa malu....Selain Korupsi....mereka hanya menghamburkan uang yg seharusnya bisa membantu rakyat keci yg semakin terpuruk....Hai, para anggota dewan...dimana hati nuranimu....?..
Balas   • Laporkan
poel
05/09/2010
kalau memang DPR bisa bisa lebih peka, fulus sgitu banyak bisa di investasikan buat buka lapangan kerja di negeri sendiri bagi TKI kita yg ada di malaysia soo.. harga diri kita tdk di injak2 sperti skarang. apakah ada oknum mkelar proyek di DPR berkeliara
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com