BURT: Kolam Renang DPR untuk Atasi Kebakaran

Rancangan gedung baru DPR yang bernilai Rp1,1 triliun
Sumber :
  • www.dpr.go.id

VIVAnews - Berbagai alasan diungkapkan anggota dewan untuk melanjutkan pembangunan gedung baru DPR. Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR, Michael Watimena, menilai pembangunan gedung 36 lantai yang dilengkapi dengan kolam renang bukan tanpa alasan.

"Adanya kolam renang bukan untuk latihan, adanya tempat kebugaran bukan untuk gagah-gagahan," kata Michael, dalam diskusi Gedung Baru dan Hati Nurani yang hilang, di Polemik Trijaya FM, Warung Daun, Jakarta, Sabtu 4 September 2010.

Menurutnya, pembangunan gedung tersebut sudah melalui riset yang cukup matang. "Menilai sesuatu itu jangan parsial, tetapi untuk lima atau sepuluh tahun mendatang," ujarnya.

Selain itu, pembangunan gedung sudah dirancang sedari lama. "Bukan ujug-ujug (tiba-tiba) barang ini ada," imbuhnya.

Lebih lanjut Michael menambahkan adanya kolam renang di lantai 36 gedung baru itu untuk mempermudah apabila ada kebakaran. "Makanya itu ada di lantai 36," ujar kader Partai Demokrat ini memberi alasan.

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah

Michael sendiri mengakui rencana pembangunan gedung baru senilai Rp 1,6 triliun itu kurang disosialissikan, sehingga banyak yang menolak.

Sementara itu, pengamat parlemen, Sebastian Salang menilai setiap anggota DPR akan memiliki pandangan yang berbeda terkait pembangunan gedung tersebut. "Sekarang alasan adanya kolam renang saja sudah berbeda-beda," kata Sebastian.

Ide pembangunan gedung baru ini pertama kali dicanangkan oleh anggota DPR periode 2004-2009. Mereka beralasan gedung yang mereka tempati sudah tidak memadai lagi seiring bertambahnya anggota DPR dan stafnya.

Para wakil rakyat itu juga beralasan faktor keamanan dalam rumah rakyat ini semakin diragukan. Terlebih, pasca gempa beberapa saat lalu, beberapa ruangan di lantai atas Gedung DPR menjadi retak-retak. (umi)

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas
Toko Alat Musik

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Tujuan dari ekspansi ini adalah untuk meningkatkan pengalaman musik bagi para musisi di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024