Bambang Widjajanto dan Busyro Calon Bos KPK

Bambang Widjojanto
Sumber :
  • http://www.perspektifbaru.com

VIVAnews - Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya memilih dua nama calon komisioner komisi antikorupsi. Mereka yang terpilih adalah Bambang Widjajanto dan Busyro Muqoddas.

"Dari tujuh calon yang mengikuti wawancara terbuka, akhirnya pansel tempatkan dua orang yaitu Busyro Muqoddas dan Bambang Widjojanto," kata Ketua Pansel KPK, Patrialis Akbar, di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat 27 Agustus 2010.

Patrialis menjelaskan, dua nama itu terpilih setelah mengikuti proses seleksi selama 3,5 bulan. Mereka juga harus mengikuti proses pembuatan makalah, assessment tes, rekam jejak, dan wawancara.

Seperti diketahui, seleksi tahap wawancara diikuti tujuh calon. Mereka adalah mantan Direktur Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung Sutan Bagindo Fahmi, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, Irjen Pol. (purn) Chaerul Rasjid, advokat Melli Darsa, Ketua Komisi Yudisial Busyro Muqoddas, Ketua Kaukus Antikorupsi DPD RI I Wayan Sudirta, dan advokat Bambang Widjojanto.

Sejumlah lembaga seperti ICW berharap calon yang terpilih bukan berasal dari unsur kepolisian atau jaksa. Mereka menilai, kasus-kasus mafia hukum yang terungkap saat ini justru berasal dari dua institusi tersebut.

Toyota Fortuner Hybrid Sudah Ada di Diler, Segini Harganya
Ilustrasi logo Mahkamah Konstitusi.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Pengajuan amicus curiae yang dilakukan sejumlah tokoh ini heboh mencuat terkait dengan persidangan dalam pekara sengketa hasil Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024