Anas Urbaningrum Setuju Rumah Aspirasi

Anas Urbaningrum
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum setuju dengan gagasan Rumah Aspirasi.

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

"Rumah Aspirasi sangat penting. Selain menjadi kantor perwakilan di daerah pemilihan, juga menjadi tanda kedekatan politik anggota dewan dengan konstituen," kata Anas dalam pesan tertulisnya kepada media, Kamis, 5 Agustus.

Rumah Aspirasi, ujar Anas, juga memudahkan agregasi kepentingan rakyat di masing-masing daerah pemilihan. "Kehadiran Rumah Aspirasi menjadi salah satu tanda akuntabilitas politik anggota dewan," tutur Anas lagi.

Namun, ia kurang sepakat apabila anggaran Rumah Aspirasi sampai membebani keuangan negara. "Rumah Aspirasi tidak perlu dibangun atas biaya APBN," kata Anas.

Menurutnya, Rumah Aspirasi bisa dibangun atas biaya sendiri, tanpa perlu menambah beban APBN. Anas berpendapat, meskipun status Rumah Aspirasi tersebut sewa atau kontrak, hal itu tidak masalah karena yang terpenting adalah fungsi dan eksistensinya.

Sejauh ini, kata Anas, banyak anggota dewan yang sudah memiliki Rumah Aspirasi dengan ongkos mandiri. "Saya pun mendirikan Anas Center yang menjadi semacam Rumah Aspirasi bagi konstituen di dapil saya sejak terpilih menjadi anggota DPR," katanya.

Walaupun kini Anas telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai anggota DPR karena terpilih menjadi Ketua Umum Demokrat, namun ia menjamin Anas Center akan tetap hadir dan menjalan kegiatannya untuk masyarakat.

Anas mengatakan, bila pun seorang anggota tidak dapat merogoh kocek pribadi untuk membangun Rumah Aspirasi sendiri, maka ia dapat memanfaatkan kantor partainya di tingkat kabupaten/kota. "Dengan demikian, kantor partai pun makin hidup dengan beragam kegiatan."

Rumah Aspirasi ini menjadi berita ketika Wakil Ketua Badan Anggaran Pius Lustrilanang mengusulkan plafon anggaran Rp200 juta per tahun per anggota DPR untuk rumah ini. Beberapa fraksi menolak gagasan ini karena dinilai membebani anggaran.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia
bendera LGBTQ

Dominica Court Lifts Same-sex Relationship Ban

Dominica's High Court has lifted a ban on consensual same-sex relations in the Caribbean island nation.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024