SBY : Pilkada Langsung Pilihan Terbaik

Susilo Bambang Yudhoyono dan anak-istri memilih dalam Pemilu
Sumber :
  • Setpres/ Abror Rizki

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan pemerintah memahami kalau Pemilihan Kepala Daerah secara langsung memiliki dampak besar, baik secara sosiologis ataupun ekonomis. Namun, Presiden mengatakan pilihan terbaik adalah pemilihan dilakukan secara langsung.

Hal ini dikatakan Presiden sebelum rapat dengan anggota Dewan Pertimbangan Presiden, di Kantor Presiden, 28 Juli 2010. "Banyak pandangan apakah tidak terlalu tinggi cost, ekses, atau dampak dari pemilihan kepala daerah melihat dinamika perpolitikan di daerah," kata SBY. Tapi "Pilihan terbaik adalah dipilih secara langsung."

SBY beralasan, pemilihan secara langsung membuat masyarakat daerah mengenal calon kepala daerahnya. "Konstituen akan lebih dekat mengenal calon. Kemudian siapapun yang terpilih berarti mendapatkan mandat dari rakyat yang dipimpinnya," ucap Presiden.

SBY menyadari dalam prakteknya memang masih ditemukan berbagai penyimpangan. "Kadang-kadang politik uang yang terjadi, ongkos politik yang mahal, kemudian tidak mudahnya membedakan antara popuaritas dan kapasitas, dan seterusnya," tutur SBY.

Namun, ini bukan berarti menafikan manfaat dari pemilihan langsung. SBY justru meminta agar dampak negatif negatif itu dapat diatasi.

"Tidak perlu mengubah pemilihan langsung dengan pemilihan tidak langsung. Tetapi kita harus mengatasi ekses, mencegah semaksimal mungkin agar tidak menimbulkan komplikasi dan masalah-masalah baru yang tidak perlu terjadi," kata Presiden.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia meminta Pemerintah dan DPR meninjau ulang pemilihan kepala daerah secara langsung. MUI beralasan Kepala Daerah hanya menghasilkan pemimpin yang memiliki modal besar, dan mengesampingkan kompetensi.

Selain itu, MUI juga menilai Pemilihan Kepala Daerah secara langsung hanya menimbulkan konflik horizontal di masyarakat. Pemerintah pun mengeluarkan dana yang besar untuk melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah secara langsung.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes
Ilustrasi membersihkan wajah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Munculnya jerawat bisa karena bermacam-macam alasan, namun yang paling sering dibicarakan adalah jerawat purging dan breakout yang terjadi karena reaksi kulit terhadap sk

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024