KPU: PKS Pimpin Sumatera Barat

Calon Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno & Tifatul Sembiring
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Sidang pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan gubernur Sumatera Barat selesai dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat. Hasil rekap penghitungan suara yang dilakukan KPU Sumbar, pasangan calon gubernur dari koalisi PKS-Hanura, Irwan Prayitno dan Muslim Kasim, terpilih sebagai pemenang pemilihan kepala daerah.

Pasangan Irwan Prayitno-Muslim Kasim terpilih sebagai orang nomor satu di Sumbar dengan mengantongi 32,44 persen suara. Dengan hasil perolehan suara pasangan tersebut, pilkada gubernur hanya dilakukan dalam satu putaran.

“Rekapitulasi penghitungan suara selesai, penetapan pemenang masih menunggu hasil rapat internal KPU (Sumbar),” kata anggota KPU Sumbar Bidang Sosialisasi Husni Kamil Manik, Senin, 12 Juli 2010. Paling lambat, menurut Husni, hasil penghitungan suara tersebut ditetapkan 15 Juli 2010. Pleno yang dilakukan sejak tadi pagi berjalan lancar dan dikawal aparat kepolisian.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara KPU Sumbar di Hotel Pangeran Beach sore ini menetapkan pasangan incumbent Marlis Rahman-Aristo Munandar di posisi kedua dengan perolehan 26,32 persen suara. Endang Irzal-Asrul Syukur yang diusung Demokrat memperoleh 20,54 persen suara; pasangan Fauzi Bahar-Yohannes Dahlan (PAN) mendapatkan16,29 persen. Sedangkan Ediwarman dan Husni Hadi mengumpulkan 4,5 persen suara. Total suara sah mencapai 2.111.835 dari 3,5 juta pemilih yang terdaftar di DPT.

Kemenangan PKS ini menambah barisan provinsi yang dipimpin langsung oleh kader PKS. Sebelumnya PKS telah memimpin Jawa Barat melalui koalisi dengan Partai Amanat Nasional.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Laporan Eri Naldi | Padang

Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024