Swiss Siap Bantu Indonesia Berantas Korupsi

Korupsi
Sumber :
  • mahkamahkonstitusi.go.id

VIVAnews - Presiden Konfederasi Swiss, Doris Leuthard, mengungkapkan Swiss memahami bahwa korupsi merupakan tantangan yang terus dihadapi Indonesia. Karena itu Swiss bersedia memberikan kerjasama dalam upaya memerangi korupsi yang dilakukan Pemerintahan Indonesia.

"Masalah korupsi penting untuk ditangani. Karena korupsi menciptakan ketidakadilan dan sulit diterima oleh instrumen pasar (investor)," kata Leuthard dalam Konferensi Pers bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Presiden, 7 Juli 2010.

Swiss bersedia bekerja sama jika Indonesia membutuhkan instrumen yang digunakan Swiss dalam pemberantasan korupsi. "Kami memiliki prosedur yang panjang untuk diterapkan. Namun Kami siap berkontribusi," kata Leuthard.

Leuthard mengatakan, Swiss telah menerapkan metode pemberantasan korupsi dengan cara mendesak perusahaan agar melakukan bisnisnya sesuai aturan. "Di Swiss, kami mendesak perusahaan untuk berkembang tanpa melanggar aturan, tidak melakukan praktek suap dan transaksi ilegal apapun," ucap Leuthard.

Sedangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan Indonesia akan terus membangun tata kelola pemerintahan yang baik dan terus memberantas korupsi. Ini merupakan prioritas Indonesia sebagai negara yang sedang melakukan reformasi dan transformasi.

"Agar pemerintahan dan birokrasi kita lebih responsif, lebih transparan, akuntable, coruption free dan saya sampaikan akan terus menjadi agenda kami," ujar SBY.

SBY juga menekankan, Pemerintah akan menerapkan aturan ketat agar perusahaan Indonesia menerapkan aturan yang berlaku. Dengan demikian, tata kelola Pemerintahan yang baik dan pemberantasan korupsi bisa berjalan secara efektif.

"Bagaimana yang berbisnis di Indonesia mengikuti rules (peraturan). Sehingga ada climate yang baik di negeri ini agar di bidang ekonomi, bisnis, pemerintahan betul-betul terbangun good governanced dan pemberantasan korupsi akan bisa berjalan dengan efektif," ucap Presiden. (hs)

Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk
Pemain Persib Bandung bagi-bagi takjil

Persib Bandung Bagi-bagi Takjil Gratis, Maskot Ikut Turun ke Jalan

Persib Bandung kembali berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan. Menjelang buka puasa, Persib melalui program Sauyunan berbagi takjil gratis kepada masyarakat pada Rabu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024