DPR Evaluasi Pemekaran di Sulawesi Barat

Perairan Majene, Sulawesi Barat
Sumber :
  • sulbar.go.id

VIVAnews - Dalam reses masa persidangan III Tahun Sidang 2009-2010 ini, Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat melakukan kunjungan kerja ke provinsi Sulawesi Barat antara tanggal 5-8 Juli 2010. Tim yang berjumlah 10 orang anggota, dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi II, Ganjar Pranowo.

Kunjungan kerja ini terkait pembentukan daerah otonom baru di Provinsi Sulawesi Barat. Komisi II akan melakukan evaluasi apa saja kemajuan yang sudah dicapai dan hambatan atau masalah apa yang dihadapi, khususnya dalam hal infrastruktur, pelayanan publik, sektor ekonomi masyarakat, Pendapatan Asli Daerah, aparatur, serta pemindahan aset dan dokumen.

Soal Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) juga akan menjadi perhatian Tim Kunker Komisi II, terkait implementasi UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Apakah sudah terhubung secara on-line antar daerah atau bahkan on-line secara nasional. Bagaimana kesiapan back-up system datanya, serta kesiapan sumber daya manusianya.

Tim juga akan menggali informasi mengenai kualitas pelayanan publik dan proses rekrutmen pegawai baik calon pegawai negeri sipil maupun honorer terkait program reformasi birokrasi di lingkungan pemda provinsi maupun kabupaten/kota. Di samping itu tim juga akan meminta keterangan soal penyelesaian sengketa masalah pertanahan dan masalah perbatasan dengan provinsi dan atau kabupaten tetangga.

Seperti dilansir laman DPR, anggota tim Komisi II yang akan melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Barat yaitu, Ganjar Pranowo ketua Tim (F-PDIP),Kasma Bouty dan H.Subyakto (F-PD), H. Murad U Nasir dan Basuki Tjahaya Purnama (F-PG), Yasonna H. Laoly dan Irvansyah (F-PDI P), H. Aus Hidayat Nur dan H.M. Gamari Sutrisno (F-PKS), serta Hj. Mestriany Habie (F-P. Gerindra).

Selain ke  Provinsi Sulawesi Barat, Komisi II DPR RI juga melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi II, Taufik  Effendi, Sedangkan yang ke Provinsi Sulawesi Utara dipimpin Ketua Komisi II Chairuman Harahap. (sj)

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024