Masyarakat Kirim Surat Tolak Kandidat KPK

Patrialis Akbar
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Panitia seleksi (pansel) besok akan menggelar evaluasi secara menyeluruh terkait penjaringan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Salah satu agenda adalah membicarakan waktu pendaftaran.

"Kamis besok, pansel akan melakukan pertemuan untuk menggelar evaluasi menyeluruh," kata Ketua Pansel KPK, Patrialis Akbar di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 31 Mei 2010.

Menurut Patrialis, pertemuan itu akan membahas mengenai waktu pendaftaran, apakah dirasa sudah cukup atau masih memerlukan perpanjangan.

Selain itu, pansel juga akan mengevaluasi sejumlah masukan dari masyarakat. Menurut Patrialis, pansel memang menerima surat-surat penolakan dari masyarakat terkait sejumlah tokoh yang mendaftar menjadi calon pimpinan KPK. Namun Patrialis tidak menyebut secara spesifik nama-nama kandidat pimpinan KPK yang banyak mengalami penolakan tersebut.

"Yang jelas, kami akan terima semua surat penolakan itu. Kami akan melihat siapa yang menolak, siapa yang ditolak, dan apa alasannya," jelas Patrialis. Ia menjamin, semua masukan masyarakat akan dikaji tanpa kecuali. Oleh karena itu, tegasnya, pansel membuka pintu lebar-lebar untuk menerima masukan dari masyarakat selama sebulan penuh.

Menurut Patrialis, selain menampung aspirasi masyarakat, pansel juga akan melakukan penyelidikan secara independen atas tiap-tiap calon yang telah mendaftar. "Kami akan mengecek rekam jejak mereka, dan memverifikasi harta-harta yang ada pada mereka," tandas Patrialis.

Temui Prabowo, Waketum Nasdem Sebut Tak Ada Pembicaraan Politik
Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni

Pj Gubernur Agus Fatoni Sampaikan 6 Raperda Sumsel di Depan DPRD, Apa Saja?

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menghadiri rapat paripurna DPRD Provinsi Sumsel yang dipimpin Ketua DPRD Anita Noeringhati.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024