Kaligis Dicoret dari Daftar Calon Bos KPK

Pengacara OC Kaligis menunjukkan alat bukti
Sumber :
  • Antara/ Arief Priyono

VIVAnews - Pengacara kondang OC Kaligis dan Farhat Abbas, dicoret dari daftar calon pimpinan KPK. Kepastian itu diperoleh dari Menteri Hukum dan HAM yang juga Ketua Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Patrialis Akbar, usai menggelar rapat dengan Komisi III DPR.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Menurut Patrialis, keduanya dicoret karena tidak memenuhi salah satu syarat administrasi, yakni berusia 40 sampai 65 tahun.

OC Kaligis diketahui berumur lebih dari 65 tahun, sedangkah Farhat berusia kurang dari 40 tahun. Farhat Abbas sendiri kini sedang berupaya melakukan upaya judicial review ke Mahkamah Konstitusi terkait batasan umur dalam persyaratan administrasi calon pimpinan KPK ini.

Namun Patrialis menegaskan, panitia seleksi (pansel) KPK tidak akan melakukan kompromi terkait batasan umur tersebut. "Tidak perlu menunggu hasil judicial review MK. Jika melanggar syarat administrasi, langsung kami coret," ujar Patrialis di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan.

Patrialis menyatakan, batasan umur dibuat bukan tanpa alasan. "Usia minimal 40 tahun dianggap sudah cukup memiliki 15 tahun pengalaman yang dibutuhkan sebagai pimpinan KPK," ujar Patrialis. Selain itu, kata Patrialis, berdasarkan penelitian, usia antara 40 sampai 65 tahun merupakan usia yang dianggap stabil secara psikologis maupun emosional.

"Di usia itu, orang cenderung tidak ugal-ugalan, sudah bisa melihat jalan yang benar, sudah bisa mantap memberikan keputusan, dan sudah memiliki jiwa yang tenang," ujar Patrialis.

Oleh karena itu, tegasnya, pansel KPK menutup pintu atas segala kompromi apapun terkait persyaratan administrasi calon pimpinan KPK, termasuk soal batasan umur tersebut. (umi)

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi
Fashion Photoshoot Project Volume 5

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Event yang diselenggarakan oleh Fashion Crafty Jakarta menampilkan pertemuan yang menginspirasi antara desainer mode, fotografer, makeup artist, dan fashion stylist.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024