SBY Peringati Hari 'Pidato Bung Karno' di MPR

SBY dan Taufiq Kiemas di Istana Bogor
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan bertandang untuk memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni mendatang. Peringatan hari 'Pidato Bung Karno' 65 tahun lalu itu akan dipusatkan di Gedung MPR.

"Pak SBY akan hadir dalam Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni nanti," kata Wakil Ketua DPR Pramono Anung di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 27 Mei 2010.

Beberapa waktu lalu, Menteri Koordinator Bidang Polhukkam Djoko Suyanto sempat menemui Ketua MPR Taufiq Kiemas, untuk membahas mengenai agenda Peringatan Pidato Bung Karno.

Pada kesempatan itu, Djoko Suyanto juga mengungkapkan niat Presiden untuk menghadiri acara itu. Presiden SBY hadir atas undangan MPR sebagai penyelenggara acara. Menurut Djoko saat itu, Presiden memandang peringatan itu sebagai momen penting bagi bangsa Indonesia.

Selama ini, tanggal 1 Juni lebih dikenal sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Pada hari itu di tahun 1945, Bung Karno menyampaikan pidato tentang Pancasila di hadapan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Dalam perjalanan bangsa ini, Pancasila itulah yang akhirnya ditetapkan menjadi dasar negara. "Itu merupakan pidato pertama Bung Karno tentang ideologi Pancasila," jelas Pramono Anung.

Pramono yang baru saja memimpin Rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR, mengkonfirmasi kepastian hadirnya SBY dalam Peringatan Pidato Bung Karno yang digelar oleh MPR tahun ini adalah untuk yang pertama kalinya.

Namanya Dikatkan dengan Kasus Korupsi Harvey Moeis, Ayu Dewi: Lindungi Aku dari Fitnah
Gedung FMIPA Universitas Indonesia (ui.ac.id)

Daftar 10 Kampus Terbaik Indonesia 2024 Versi SIR, Bisa Jadi Panduan Calon Mahasiswa Baru

Scimago Institutions Rankings (SIR) merilis peringkat kampus terbaik Indonesia 2024. Dalam penentuan peringkat ini, Scimago menilai berdasarkan tiga indikator.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024