Megawati: Pemilu 2009 Seperti Sinetron

VIVAnews - Dengan berapi-api, Ketua Umum PDIP Perjuangan menyampaikan pidatonya dalam pembukaan Kongres PDIP di Bali.

Salah satu yang jadi poin pidato Megawati adalah pelaksanaan Pemilu 2009, di mana suara PDIP merosot tajam.

"Saya perlu menegaskan bahwa kemerosotan suara kita dalam pemilu lalu, Pemilu 2009, adalah produk penyelenggaraan demokrasi yang manipulatif," kata Megawati, Selasa 6 April 2010.

Megawati menambahkan, peilu legislatif dan pemilu presiden 2009 secara terang benderang mendemonstrasikan watak manipulatif, yang paling menonjol, carut marut DPT yang menghilangkan secara paksa dan sistematis hak politik warga negara.

Juga perampasan secara paksa hak konstitusional warga negara. "Kita seharusnya bersedih, keseluruhan proses 2009 biaya banyak justru meninggalkan catatan hitam," kata Mega.

Padahal, tambah dia, ketika menjadi presiden pada 2004 Mega mengaku mencoba dengan susah payah membangun demokrasi yang dikehendaki, agar presiden dipilih secara langsung.

"Meski saat itu saya dikalahkan, saya berbangga dan berkeyakinan, demokrasi yang telah diletakan akan jadi jalan keluar bagi kesejahteraan rakyat. Ternyata keyakinan saya, tidak sepenuhnya benar," kata Mega.

Ditambahkan dia, dalam Pemilu 2009, politik kehilangan watak aktivisme dan volunterisme. "Melodrama berpola seperti sinetron yang penuh belas kasihan dan kepura-puraan," tambah dia.

Politik juga kehilangan moralitas, partai hanya jadi penjual tiket kekuasaan.

Politik kehilangan tugas mulianya yakni memberikan pendidikan politik dan mempertahankan prinsip politik.

"Disubkontrakan ke konsultan politik, menghasilkan angka. Prinsip dikalahkan angka, pendidikan politik digantikan indeks kepuasan publik."

"Survei dan indeks kepuasan jadi lembaga dan instrumen baru," tambah Megawati.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Laporan: Peni Widarti| Bali

Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024